Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

127.361 UKM di Sumbar Dapat Bantuan dari Presiden

Sabtu, 22 Agustus 2020 | Agustus 22, 2020 WIB Last Updated 2020-08-22T09:48:38Z
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Zirma Yusri (F.dok)
padanginfo.com-PADANG -  Sebanyak 127.361 usaha mikro kecil (UMK) di daerah ini, bakal mendapat bantuan modal kerja darurat bernama Bantuan Presiden (Banpres) Produktif yang dapat meringankan beban di kala pandemi Covid-19 ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Zirma Yusri mengatakan, jumlah UMK di Sumbar yang menerima Banpres Produktif tersebut, berdasarkan informasi yang diterimanya dari Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI, sudah di SK-kan.

 “Banpres Produktif yang sudah di SK-kan tersebut untuk dua tahap. SK tahap I sebanyak 122.174 UMK, tahap II sebanyak 5.187 UMK. Totalnya 127.361 UMK,” ujar Zirma.

Zirma bahkan mengungkapkan, launching pencairan Banpres Produktif tersebut secara nasional akan dilaksanakan Sabtu (22/8).

“Besok siang (Sabtu, 22/8) saya diundang ke Kantor BRI di Jalan Bagindo Aziz Chan, untuk acara launching pencairan dana bantuan tersebit secara nasional melalui video conference,” ungkap Zirma.

Meski dilaunching secara nasional, namun proses pengusulan dan verifikasinya menurut Zirma, masih berlanjut. “Sekarang proses pengusulan dan verifikasinya masih berlanjut,” ungkap Zirma.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Banpres Produktif akan dicairkan minggu depan, melalui sistem transfer kepada 9,1 juta pelaku UMK dari seluruh Indonesia. Bantuan ini untuk tambahan modal kerja yang dapat meringankan beban di kala pandemi Covid-19 ini.

Sebelum pencairan, bantuan ini juga telah disalurkan langsung oleh Jokowi kepada 71 UMK di wilayah di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, (19/8). Sebanyak 71 pelaku UMK yang hadir menerima Banpres Produktif sejumlah Rp 2,4 juta.

Kepala Negara juga menjelaskan, penurunan ekonomi sebagaimana yang dirasakan para pelaku UMK tersebut juga dirasakan oleh pelaku usaha besar lainnya, juga oleh sebagian besar negara lainnya.

“Keadaannya memang seperti itu dan itu dialami oleh semua negara. Semuanya memang terkena pandemi ini. Memang ini sebuah cobaan dan ujian untuk kita bersama, tetapi saya meyakini insyaallah kalau kita kerja keras kita akan bisa lepas dari ujian dan cobaan yang diberikan kepada kita,” kata Presiden Jokowi. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update