Notification

×

Indeks Berita

HM Nurnas: Pemerintah Jangan Setengah Hati Laksanakan Tes Swab

Selasa, 18 Agustus 2020 | Agustus 18, 2020 WIB Last Updated 2020-08-18T07:45:57Z
Sekretaris Komisi 1 DPRD Sumbar HM Nurnas.
padanginfo.com - PADANG - Meningkatkannya kembali penularan covid-19 di Sumatera Barat bukan mengada-ada. Melainkan fakta. Dan ini mestinya menjadi perhatian semua komponen.

Menurut Sekretaris Komisi 1 DPRD Sumbar HM Nurnas, banyak penyebabnya. "Salah satunya pemerintah yang setengah hati melakukan antisipasi dengan melaksanakan tes swab. Mesti pemerintah aktif memberitahu dan mengajak warga untuk melakukan tes hingga diketahui pasti kesehatan warga," ujarnya saat cofee morning dengan sejumlah wartawan, Selasa (18/8/2020).

"Pemerintah jangan setengah hati dalam melakukan dan mengajak uji Swab untuk pegawai dan semua komponen masyarakat serta masyarakat biasa, sehingga pemutusan mata rantai pandemi covid-19, didaerah ini," tegas Nurnas.

Nurnas juga mengatakan, tidak ada larangan untuk melakukan kegiatan dalam bentuk massal. Apabila semua tanpa terkecuali harus terlebih dahulu dilakukan uji Swab. Dengan demikian, bisa dipastikan dampak vovid-19 bisa ditekan, dan mata rantai bisa diputuskan.

"Perlu pula diberitahukan pada publik atau semua lapisan masyarakat, uji Swab tidak sakit dan tidak ada efek lain, sehingga perlu uji dilakukan untuk semua komponen, termasuk masyarakat biasa," ujarnya.

Nurnas juga menegaskan, pemerintah provinsi khususnya dan kabuoaten-kota umumnya, jangan setengah hati dalam melakukan untuk tes swab pada pegawai, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum, tanpa terkecuali didaerah ini, sehingga jelas dan terang berapa banyak yang terpapar.

"Tes Swab bukan sebuah hal yang menakutkan, semua biasa saja dan tidak menyakitkan, sehingga jangan ada rasa cemas pada semua orang untuk melakukannya," jelasnya.

"Uji Swab tidak sakit dan masyarakat tidak perlu cemas, dan jangan takut dengan biaya tinggi, karena masyarakat bisa mengusulkan pada pemerintah setempat agar uji Swab geratis atau tidak berbayar," tambah Nurnas.

Ia juga mengatakan, pemerintah siap untuk menanggulangi dana uji Swab pada masyarakat, bisa dilakukan ditempat tinggal masing-masing, dengan mengumpulkan masyarakat pada sebuah tempat, untuk diperiksa.(*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update