Notification

×

Indeks Berita

Tim NA-IC Maksimalkan Platform Digital

Senin, 12 Oktober 2020 | Oktober 12, 2020 WIB Last Updated 2020-10-12T10:57:57Z

Tim pemenangan NA-IC, Nasta Oktavian

padanginfo.com - PADANG - Tim pemenangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra periode 2021-2026 Barat Nasrul Abit - Indra Catri (NA-IC), memaksimalkan platform website dan media sosial (medsos) untuk mengakomodir penyebaran konten-konten informasi selama kampanye dimasa pandemi Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19.

Pemanfaatan platform digital itu, dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap aturan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat. Sebelumnya, Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay menegaskan, lantaran kondisi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Ranah Minang masih meroket tajam, maka metode kampanye dalam bentuk tatap muka dengan jumlah massa yang banyak seperti Pilkada sebelumnya, saat ini tidak dapat dilakukan.

Sebagai gantinya, KPU memperbolehkan metode kampanye dilakukan secara virtual. Termasuk juga metode dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan media online dan media sosial. Perubahan paradigma kampanye ini, menurut KPU sudah sudah sesuai dengan aturan.

Tokoh muda sekaligus Perwakilan tim pemenangana NA-IC Nasta Oktavian menegaskan jika saat ini memang kondisi untuk kampanye tatap muka langsung tidak memungkinkan. Jikapun harus tatap muka, jumlah massa yang dimobilisasi sangat terbatas. Paling banyak 50 orang dan itu akan diawasi oleh Bawaslu secara ketat. Jika, melanggar ketentuan itu, maka Paslon akan mendapat teguran hingga sanksi keras.

"Nah, KPU sudah mengeluarkan kebijakan soal kampanye ini. Ini juga sesuai dengan instruksi pak Nasrul Abit. Kita akan manfaatkan semaksimal mungkin platform digital untuk sarana penyebaran informasi terkait NA-IC. Pak Nasrul Abit berulang kali menyampaikan ke kita, patuhi aturan, disiplin protokol kesehatan. Ikut serta dalam pengendalian COVID-19. Dan, platform digital, sarana yang tepat untuk saat ini,"kata Nasta, Senin 12 Oktober 2020.

Menurut Magister Bidang Hukum yang juga pemilik Club Racing bernama Canasta RBRT Racing Team itu, Sejak awal masa kampanye, Calon Gubernur kita yakni Nasrul Abit sudah menginstruksikan kepada semua tim pendukung, kader partai Gerinda, relawan dan simpatisan untuk mengedepankan protokol kesehatan. Karena, angka kasus COVID-19 di Sumatra Barat kian hari kian meningkat.

Nasta menambahkan, instruksi yang disampaikan oleh Nasrul Abit itu bukanlah tanpa dasar. Menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit gencar melakukan sosialisasi COVID-19. Bahkan, terjun langsung ke lapangan untuk ikut serta mengendalikan COVID-19 ini. Mulai dari menyiapkan fasilitas dan layanan kesehatan, hingga turun kelapangan melihat langsung aplikasi penerapan kebijakan PSBB.

Menurut Nasta, platform digital diantaranya website dan media sosial yang diberi nama domain Sumbarunggul itu, saat ini dikelola oleh beberapa tenaga-tenaga ahli. Setiap bahan atau konten yang dibuat, seluruhnya dimuat di website dan medsos sumbarunggul. Pasca dimuat, maka akan dibagikan ke pengguna media sosial.

Selain itu, platform digital juga dapat mengakses semua visi, misi Nasrul Abit - Indra Catri dalam proses pencalonan ini serta gambaran program kerja yang ditawarkan untuk Sumatra Barat Lima tahun 5 kedepan apabila kemudian diberikan amanah oleh masyarakat dan terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Ya, sampai saat ini respon dari pengguna media sosial terkait dengan platform digital dengan domain sumbarunggul yang kita gunakan, cukup bagus. Kita juga memperhatikan grafik penyebarannya, juga cukup bagus. Meski demikian, kedepan akan kita maksimalkan lagi. Semoga, metode dalam jaringan ini bisa mencapai target yang kita harapkan. Kita punya strategi khusus untuk ini," jelanya.(*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update