Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Kepala BNPB Ajak Masyarakat Tanam Pohon Penangkal Abrasi Sepanjang Pantai

Jumat, 16 April 2021 | April 16, 2021 WIB Last Updated 2021-04-16T04:10:36Z


Kepala BNPB menjelaskan ke wartawan tentang ancaman abrasi Pantai Padang (foto Humas Pemprov Sumbar)

Padanginfo.comPADANG- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengajak masyarakat untuk menanam pohon penghijauan penangkal abrasi di sepanjang pantai barat Sumatera Barat.

 Jenderal TNI Doni Monardo itu disampaikan saat melihat pembangunan batu grib penangkal abrasi  di sepanjang pantai Padang, Kamis (14/4/2021) pagi.  Batu grib penangkal abrasi ini pembangunannya dibiayai APBN melalui anggaran BNPB sebesar Rp19 miliar, dengan lokasi di depan Masjid Al Hakim, depan Monumen Perdamaian  Merpati  dan di Pasia Jambak.

 Pembangunan  batu penahan ombak bertujuan untuk menghindari terjadi abrasi pantai, dan  merupakan usulan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Pemerintah Kota Padang kepada pemerintah pusat melalui BNPB.

 Kepala BNPB  berharap dengan  pemasangan batu penahan gelombang untuk abrasi diharapkan dapat mengurangi resiko abrasi pantai.

 Tidak saja di pantai Padang, tapi kita minta di sepanjang pesisir Barat yang pantainya memiliki potensi abrasi,” kata putra Batusangkar itu.

 Doni menyebutkan, beberapa jenis pohon yang dapat ditanam di pesisir pantai,  di antaranya pohon pinago, pohon waru, Ketapang, Cemara udang dan beringin,

 Kepada gubernur dan pemerintah daerah diminta untuk membuat peraturan. Apakah itu peraturan kepala daerah ataupun peraturan perda yang bisa membangun ekosistem secara kontiniu.

 “Jadi tidak sekadar ditanam lalu dibiarkan tumbuh sendiri,” harapnya seraya menjelaskan upaya ini untuk  menyelamatkan generasi yang akan datang untuk jangka 30 atau 50 tahun yang akan datang pantai Padang dan semua pantai di pesisir Sumbar akan terlindungi oleh abrasi kalau di tanami oleh pohon," tutur Doni.

 Sementara itu, Gubernur Sumbar mengatakan pemerintah provinsi akan mendorong kabupaten dan kota di Sumbar yang memiliki daerah pesisir pantai, untuk menanam vegetasi, yakni ada pohon waru, Cemara udang, pinago dan beberapa tanaman lainnya.

 "Untuk menyelamatkan daerah pesisir dari tekanan gemlombang air pasang dan bencana alam ada hamparan yang bida ditanami. Faktanya ketika di pantai itu ada pohon maka akan mengurangi tekanan energi abrasi atau tsunami," kata Mahyeldi.(in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update