Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Marandang, Bumbu Giling Diserbu Ibu-Ibu

Senin, 12 April 2021 | April 12, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T10:48:18Z


Pedagang bumbu giling di Pasar Lubuk Buaya Padang (Foto:In)

Padanginfo.com-PADANG- Menyambut puasa, bumbu giling seperti bawang putih/merah, kunyit, jahe, laos, cabe merah dan cabe rawit bumbu banyak diserbu ibu rumah tangga. Selain praktis, mereka tak repot lagi untuk memikirkan takarannya.

Pantauan jurnalis padanginfo.com di Pasar Lubuk Buaya, harga bumbu dapur giling tidak mengalami kenaikan. Ibu-ibu rumah tangga terlihat menawar bumbu dengan takaran gulai yang akan dibuat. Misalnya untuk setengah atau satu kilogram rending, penjual bumbu giling sudah paham.

Seorang ibu rumah tangga, Mimi (45), yang akan membuat rendang mengatakan, takaran bumbu yang kita minta tidak meleset  apabila dimasak sesuai kebutuhan.

“Saya masak rendang daging satu kilo, Tinggal sebut saja. Penjual sudah tahu takarannya,” sebut Mimi.

Untuk satu kilogram rendang, takaran bumbu giling campuran jahe, laos, bawang putih/merah, kunyit dipatok Rp5.000. Apabila ada yang ingin dilebihkan takaran bumbunya,  pembeli  tinggal menyebutkan saja.

Menyambut puasa, membuat rendang sudah menjadi tradisi orang Minang. Hari Minggu dan Senin, satu hari menjelang masuk puasa, pedagang daging sapi kebanjiran pembeli. Rata-rata stok dua kali lipat dari penjualan hari biasa.

Hendrius, pedagang daging sapi di samping SPBU Ganting, Koto Tangah, menambah dua lapak meja di samping meja permanennya.

Pelanggan Hendrius datang dari berbagai penjuru. Tidak saja warga Koto Tangah, melainkan juga di luar kecamatan Koto Tangah. Pelanggan menilai daging segar yang dijual Hendrius enak dan lembut. Harga satu kilogram daging segar jelang puasa  Rp130 ribu.

Selain penjual bumbu giling dan daging segar, pedagang santan kelapa ikut kecipratan rezeki menyambut puasa. Harga santan Rp14.000/kg.

Dari  pantauan  di Pasar Lubuk Buaya, pasar satelit terbesar yang banyak diserbu konsumen berbagai penjuru kota Padang, tidak ada kenaikan harga kebutuhan dapur jelang puasa ini. Itu sebabnya pasar ini banyak didatangi konsumen yang akan belanja. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update