Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Alumni Belanda Bicara Pembangunan Sumatera Barat

Sabtu, 08 Mei 2021 | Mei 08, 2021 WIB Last Updated 2021-05-08T04:29:56Z



Suasana webinar Alumni Belanda

Padanginfo.com – PADANG -  Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Sumatera Barat yang unggul yang bisa membantu wujudkan visi misi di masa mendatang. Alumni Belanda asal Sumbar soroti pentingnya kolaborasi keilmuan antar alumni untuk meningkatkan kemajuan pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dalam acara Nuffic Neso Indonesia bekerjasama dengan jaringan alumni Belanda di Sumatera Barat menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Alumni Belanda Bicara Pembangunan Sumatera Barat, yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting, Kamis (6/5/2021)

Wagub Sumbar Audy Joinaldy,  dalam keynote speech memaparkan visi misi utama pemerintah Provinsi Sumatera Barat di masa pemerintahanya. 

" Ada tujuh prioritas pembangunan Sumbat meliputi upaya: 1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berakhlakul mulia, sehat, berpengetahuan, terampil, dan berdaya saing. 2. Meningkatkan tata kehidupan sosial kemasyarakatan berdasarkan ABS – SBK 3. Meningkatkan nilai tambah dan produktifitas pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.4. Meningkatkan usaha perdagangan dan industry kecil/menengah serta ekonomi berbasis digital. 5. Meningkatkan ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan. 6. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan dan berkelanjutan. 7. Mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, akuntabel serta berkualitas", ungkapnya. 


Audy yang juga alumni Wageningen University and Research Belanda ini juga menginformasikan, Pemerintah Sumatera Barat juga akan menyediakan beasiswa studi bagi masyarakat untuk bisa belajar di dalam dan luar negeri (termasuk di Belanda).

"Pemprov Sumbar akan memberikan bea siswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dalam meningkatkan kemampuan dan keilmuannya melanjutkan pedidikan termasuk ke luar negeri sesuai ketentuan aturan yang berlaku nantinya," ujarnya. 

Siara  Pers Humas Pemprov Sumbar menuliskan,  keenam alumni yang hadir di forum FGD ini memantik dan memfasilitasi  6 isu strategis seputar upaya pembangunan Sumatera Barat seperti: pandemi dan pembangunan, reformasi birokrasi dan Keuangan, pendanaan infrastruktur, konektivitas antara kota dan kabupaten dan lainnya. 

FGD yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 jam ini menghadirkan enam alumni Belanda asal Sumatera Barat dari beragam disiplin keilmuan: Dr. Berlian Idriansyah Idris (Bidang Kesehatan), Herry Hernawan, M.Sc (bidang ekonomi dan keuangan), Dian Permatati (Bidang Teknik sipil), Dhaniel Ilyas, M.Sc (Bidang ekonometrik), Wiby Agung Nugroho (bidang financial controller dan logistik), serta H. Novrial, SE, MA, Ak (bidang pariwisata).

"FGD ini diharapkan bisa menjadi salah satu masukan konstruktif bagi pengambil keputusan di Sumatera Barat agar tujuan pembangunan daerah bisa dilakukan secara berkesinambungan, tepat waktu dan tepat sasaran,"  harap Wagub Audy. (*/in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update