--> Jajaran Kemenag Sumbar Dipercaya sebagai Pilot Project Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi | Padang Info |

Jajaran Kemenag Sumbar Dipercaya sebagai Pilot Project Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Kepala Kanwil menyerahkann piagam penghargaan kepda Kepala Kemenag Pesisir Selatan Abrar Munanda sebagai Satker pilot project ZI WBK (Foto. ...

Kepala Kanwil menyerahkann piagam penghargaan kepda Kepala Kemenag Pesisir Selatan Abrar Munanda sebagai Satker pilot project ZI WBK (Foto. Humas Depag Sumbar)

padanginfo.com-PADANG- Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat kembali dipercaya menjadi pilot project ZI (Zona Integritas) menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi). Tak tanggung-tanggung tahun 2021 ini ada 4 (empat) Satker di Sumatera Barat yang diusulkan Kementerian Agama RI sebagai pilot project  yang akan dinilai Kemenpan RB.

Pengusulan ini diawali penilaian pendahuluan  yang dilaksanakan unit eselon I pusat kemudian mengajukan Satker yang layak dinilai Inspektorat Jenderal (Itjen) sebagai Tim Penilai Internal (TPI). Akhir dari penilaian internal ini, Kemenag RI mengusulkan Satker untuk dinilai Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara danReformasi Birokrasi).

Mematangkan persiapan penilaian, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Barat melakukan pendampingan terhadap empat Satker (Satuan Kerja) yang akan dinilai Kemenpan RB ini, Selasa (15/6) di Aula FKUB.

Adapun 4 Satker yang ditunjuk sebagai pilot project WBK ini antara lain, Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang, Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dan MAN 1 Kota Bukittinggi.

Sebagai reward bagi empat Satker ini Plt. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsuir bersama Kabag TU, H. Irwan memberikan piagam penghargaan yang diterima langsung Kepala Kankemenag pilot project WBK. Rasa syukur dan bangga tak henti diungkapkan Plt. Kakanwil  yang saat ini juga menjabat Kepala Kankemenag Kabupaten Solok Selatan.

Diakui Kakanwil empat Satker ini adalah Satker terbaik yang ada di jajaran Kemenag Sumatra Barat. “Empat Satker inilah yang terbaik menurut pandangan pendamping sekaligus tim penilai Internal pusat yang patut diusulkan ke Menpan RB bersama Satker lain se Indonesia,” ungkap Kakanwil.

Meski sudah melakukan yang terbaik imbuh Kakanwil namun menciptakan ZI – WBK juga bukan hal yang mudah.“Ini kerja kita bukan mudah menciptakan ZI ini. Sistem penunjang seperti internet, fasililtas yang memadai dan Sumber Daya Manusia poin penting yang harus diperhatikan dalam membangun ZI,”ungkap H. Syamsuir

Sebagai ungkapan rasa syukur tak lupa, Plt. Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada supertim dan penanggungjawab yang telah menyiapkan segala sesuatu beberapa tahun sebelumnya yang tidak kenal lelah.

“Kami tahu untuk mempersiapkan ZI ini kita tidak kenal waktu. Di hari libur pun kita masih bekerja. Proses demi proses sudah dilalui oleh 4 Satker ini, muali dari penilaian oleh masing-masing tingkat eselon I dan Itjen termasuk Balitbang. Alhamdulillah kita diberi kepercayaan untuk dinilai tim Menpan RB,” imbuh Kakanwil.

Ia berharap semoga penilaian yang dilakukan tim eksternal kita dapat berjalan dengan baik dan sukses serta menghsilkan nilai yang sangat baik. “Sehubungan dengan telah ditetapkan empat Satker sebagai Satker berprediket WBK tentu rekomendasinya atau catatan catatan yang diberikan tim penilai internal kita perlu ditindaklanjuti. Jangan puas sampai disini,” pinta Kakanwil.

Sementara sebelumnya, Mulyono Perencana Ahli Madya Kanwil Kemenag Sumbar sebagai pendamping dalam persiapan penilaian pilot project ZI WBK ini memaparkan beberapa materi terkait bagaimana membangun Zona Integritas itu sendiri. Menurutnya ada hal-hal yang harus diperhatikan sesuai rekomendasi hasil evaluasi TPI atas pembangunan ZI 2020.

Pertama, mereviu kembali defenisi dan target yang telah ditetapkan dan memastikan unit kerja memahami serta pimpina  dan seluruh pegawai merusmuskan strategi penyampaiannya. Kedua, meninternalisasikan program ZI secara berkala kepada seluruh pegawai dan mendorong dialog kinerja antar pimpinan dengan seluruh pegawai.

Ketiga, lanjut Mulyono, mendorong inovasi yang berfokus pada peningkatan kinerja dan kebutuhan pengguna layanan. Keempat meningkatkan peran manajemen resiko untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyimpangan yang mempengaruhi integritas. Kelima, meningkatkan kedekatan dengan pengguna layanan dengan menjelaskan berbagai upaya perbaikan yang telah dilakukan.

Dalam kesempatan itu, Mulyono juga membeberkan kunci sukses WBK WBBM diantaranya, komitmen pimpinan, kemudahan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi serta manajmen medi (*/ak)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,11,agam,66,Artikel,8,bank,6,Beasiswa,12,bencana,15,birokrasi,182,bisnis,193,budaya,54,bukittinggi,86,daerah,252,dharmasraya,149,duniamaya,54,figur,8,galeri,1,head,10,headline,2519,hiburan,4,hotel,1,Hotel di Padang,3,hukrim,198,infokerja,43,infrastruktur,5,inspiratif,2,Jakarta,103,K,1,kabupaten solok,36,keamanan,1,Kebun hidroponik yang dikelola Politeknik Pertanian Negeri Tanjuangpati (Foto: Dok. Poltektan),1,kesehatan,270,ko,1,kota,258,kuliner,5,limapulu kota,9,limapuluhkota,4,lingkungan,41,mentawai,30,nasional,107,olahraga,48,opini,33,organisasi,28,ormas,5,padang,754,padang panjang,4,padang pariaman,65,padang. kota,1,padangpanjang,26,pariaman,68,pasaman,24,pasaman barat,18,payakumbuh,34,peduli,65,pendidikan,260,perdagangan,5,peristiwa,17,pertanian,7,pesisir selatan,95,pikada,3,Pilkada,363,politik,208,prestasi,7,sawahlunto,244,sijunjung,55,solok,27,solok selatan,6,solok selatan,13,sosial,4,tanah datar,37,terbaru,8,transportasi,66,traveling,6,ukm,6,video,3,wisata,27,
ltr
item
Padang Info : Jajaran Kemenag Sumbar Dipercaya sebagai Pilot Project Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
Jajaran Kemenag Sumbar Dipercaya sebagai Pilot Project Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
https://1.bp.blogspot.com/-svaevNUlGXw/YMlPN8RLlDI/AAAAAAAAIbQ/XZyVolS8ll43M_P9Jo0fzF1LDIWrX33JQCLcBGAsYHQ/s320/depag%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-svaevNUlGXw/YMlPN8RLlDI/AAAAAAAAIbQ/XZyVolS8ll43M_P9Jo0fzF1LDIWrX33JQCLcBGAsYHQ/s72-c/depag%2B1.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2021/06/jajaran-kemenag-sumbar-dipercaya.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2021/06/jajaran-kemenag-sumbar-dipercaya.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy