--> Pertama Kali di Sumbar KKN PPM Terpadu Diluncurkan | Padang Info |

Pertama Kali di Sumbar KKN PPM Terpadu Diluncurkan

Wagub Audy didampingi Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok memukul gong sebagai tanda diluncurkan KKN PPM padanginfo.com- PADANG - Untuk pertama ...


Wagub Audy didampingi Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok memukul gong sebagai tanda diluncurkan KKN PPM

padanginfo.com- PADANG - Untuk pertama  kalinya  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar meluncurkan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Terpadu yang melibatkan 8 Perguruan Tinggi.

Peluncuran ditandai oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi dengan melepas mahasiswa KKN PPM Terpadu secara simbolis, Selasa (6/7) di Aula Kantor Gubernur.

Peluncuran KKN PPM Terpadu ini adalah menyerahkan 216 orang mahasiswa dari 8 Perguruan Tinggi kepada kabupaten melalui Bupati. Hadir dalam acara ini Rektor Unand Prof. DR. Yuliandri, SH.MH dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Drs Syafrizal Ucok, MM. Hampir 50  orang mahasiswa hadir sebagai perwakilan.

Tiga daerah yang menjadi lokasi KKN PPM Terpadu 2021 ini adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok dan Kabupaten Padang Pariaman. "Lokasi KKN PPM Terpadu ini akan dikeroyok dalam arti positif oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dan ini dilakukan secara konsisten selama tiga tahun. Meski mahasiswa nya berganti-ganti namun lokasinya tetap hingga tiga tahun," kata Wakil Gubernur Audy Joinaldi.

Menurut Wakil Gubernur, KKN PPM Terpadu ini adalah inovasi dari Pemprov Sumbar, yang dimaksudkan untuk membantu nagari atau desa melakukan percepatan pembangunan. Mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu akan membantu pemerintahan nagari, terutama dalam mengoptimalkan potensi nagari.

Karena saat ini dalam situasi pandemi Covid-19, maka mahasiswa KKN PPM Terpadu ini juga harus mampu menjadi pelopor dalam penanganan Covid-19. Harus mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat, sehingga bersama-sama melawan Covid-19 melalui penegakan protokol kesehatan.

Kepada masyarakat di tempat pelaksanaan KKN PPM Terpadu ini, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi mengharapkan dapat menerima mahasiswa KKN ini ibarat anak kemenakan yang pulang kampung. "Terimalah adik-adik mahasiswa KKN ini sebagai anak kemenakan, dan manfaatkan disiplin ilmu yang mereka miliki untuk kemajuan nagari," kata Audy Joinaldi berharap.

Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok menyampaikan, bahwa mahasiswa KKN PPM Terpadu ini ditempatkan di nagari yang sudah disurvey terlebih dahulu. Untuk Kabupaten Pesisir Selatan di Kecamatan Bayang Utara dengan tiga nagari yaitu Nagari Muaro Aia, Nagari Batuang Taba, Nagari Limau Gadang.

Kabupaten Solok lokasinya di Kecamatan Lembah Gumanti dengan dua nagari yaitu Nagari Salimpek dan Nagari Aia Dingin. Kabupaten Padang Pariaman di Kecamatan Padang Sago dengan dua nagari yaitu Koto Dalam Barat dan Nagari Koto Dalam Selatan.

Menurut Syafrizal Ucok, untuk pemantauan KKN PPM Terpadu ini, Dinas PMD Sumbar bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari perguruan tinggi melakukan kunjungan ke nagari. "Dinas PMD Sumbar dan DPL ingin memastikan agar KKN PPM Terpadu ini sesuai dengan tujuannya yaitu sinergitas antar perguruan tinggi, meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberi ruang kepada mahasiswa belajar bersama masyarakat," kata Syafrizal Ucok, yang didampingi Kabid SDA TTG PMD Sumbar Vera Irawati, ST.,MM.

Delapan perguruan tinggi yang terlibat dalam pelaksanaan KKN PPM Terpadu ini adalah Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, UIN Bukittinggi, UIN Batusangkar, ISI Padang Panjang, Universitas Perintis dan Universitas Taman Siswa.

Ke-216 orang mahasiswa KKN PPM Terpadu 2021 ini akan diantar ke kecamatan lokasi KKN yaitu Pessel, Solok dan Padang Pariaman. Rencananya diterima langsung oleh Bupati masing-masing. (Mak)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,11,agam,66,Artikel,8,bank,6,Beasiswa,12,bencana,15,birokrasi,182,bisnis,193,budaya,54,bukittinggi,86,daerah,252,dharmasraya,149,duniamaya,54,figur,8,galeri,1,head,10,headline,2519,hiburan,4,hotel,1,Hotel di Padang,3,hukrim,198,infokerja,43,infrastruktur,5,inspiratif,2,Jakarta,103,K,1,kabupaten solok,36,keamanan,1,Kebun hidroponik yang dikelola Politeknik Pertanian Negeri Tanjuangpati (Foto: Dok. Poltektan),1,kesehatan,270,ko,1,kota,258,kuliner,5,limapulu kota,9,limapuluhkota,4,lingkungan,41,mentawai,30,nasional,107,olahraga,48,opini,33,organisasi,28,ormas,5,padang,754,padang panjang,4,padang pariaman,65,padang. kota,1,padangpanjang,26,pariaman,68,pasaman,24,pasaman barat,18,payakumbuh,34,peduli,65,pendidikan,260,perdagangan,5,peristiwa,17,pertanian,7,pesisir selatan,95,pikada,3,Pilkada,363,politik,208,prestasi,7,sawahlunto,244,sijunjung,55,solok,27,solok selatan,6,solok selatan,13,sosial,4,tanah datar,37,terbaru,8,transportasi,66,traveling,6,ukm,6,video,3,wisata,27,
ltr
item
Padang Info : Pertama Kali di Sumbar KKN PPM Terpadu Diluncurkan
Pertama Kali di Sumbar KKN PPM Terpadu Diluncurkan
https://1.bp.blogspot.com/-UCZZpAzT31Y/YOUTKmctsrI/AAAAAAAAIiw/dJ9Fq2_5VXI7EEPRxOxhU4ASIG_fXpalQCLcBGAsYHQ/s320/pmd%2BOKE.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UCZZpAzT31Y/YOUTKmctsrI/AAAAAAAAIiw/dJ9Fq2_5VXI7EEPRxOxhU4ASIG_fXpalQCLcBGAsYHQ/s72-c/pmd%2BOKE.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2021/07/pertama-kali-di-sumbar-kkn-ppm-terpadu.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2021/07/pertama-kali-di-sumbar-kkn-ppm-terpadu.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy