Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

8 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB Last Updated 2021-12-23T03:20:04Z

Terdapat sejumlah langkah atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi gangguan kecemasan. Berikut 8 cara mengatasi gangguan kecemasan.(Foto: Istock/xavierarnau)



padanginfo.com
- JAKARTA-  Masalah yang menumpuk dan stres dapat membuat seseorang mengalami gangguan kecemasan. Gejala gangguan cemas seperti gugup, gelisah, tegang, jantung berdebar kencang, hingga nyeri dada dapat muncul sewaktu-waktu.

Seseorang dapat dikatakan mengalami gangguan kecemasan jika gejala-gejala tersebut terus muncul berulang dan mengganggu aktivitas.


Ada sejumlah langkah atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi gangguan kecemasan yang kerap muncul tiba-tiba dan mengganggu aktivitas sehari-hari.


1. Olahraga

Olahraga adalah cara yang sangat baik untuk meluapkan perasaan atau gangguan kecemasan yang anda rasakan. Penelitian pada 2015 menunjukkan olahraga dapat menjadi pengobatan untuk kecemasan.


Studi lainnya yang dilakukan pada 2016 juga menemukan bahwa olahraga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang tengah menjalani rehabilitasi merokok.


2. Meditasi

Perasaan tenang bisa muncul ketika Anda melakukan meditasi. Pikiran juga akan lebih mudah untuk mengelola stres dan perasaan cemas.


Berbagai macam gaya meditasi, termasuk meditasi selama yoga bisa membantu meringankan gangguan kecemasan yang anda alami.


3. Relaksasi

Tak ada salahnya mulai merilekskan otot-otot tubuh anda dengan berbaring sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Hal ini bisa membuat fisik sekaligus pikiran anda merasa tenang.


4. Menulis

Cobalah untuk mulai menulis jurnal atau diari untuk mengekspresikan kecemasan yang Anda alami. Sejumlah studi menunjukkan cara ini terbukti bisa membuat seseorang lebih tenang.


Sebuah studi yang dilakukan 2016 lalu menemukan bahwa menulis kreatif dapat membantu anak-anak dan remaja untuk mengelola kecemasan.


5. Manajemen Waktu

Mulailah membuat agenda agar waktu yang Anda miliki dapat dikelola dengan baik. Pastikan untuk membagi waktu bersosialisasi, bekerja, dan untuk diri sendiri dengan seimbang.


Perencanaan dengan menggunakan buku agenda atau menggunakan kalender online dapat membantu Anda membagi waktu.


6. Aromaterapi

Menghirup aroma dari minyak tumbuhan dapat menenangkan dan membantu meredakan stres serta kecemasan yang anda rasakan.


Sebuah studi yang dilakukan pada 2012 lalu menemukan, aromaterapi dapat mengurangi detak jantung yang berdebar cepat dalam jangka pendek dan membantu meringankan masalah tidur dalam jangka panjang.


7. Teh herbal

Terdapat banyak jenis teh herbal yang bisa Anda nikmati untuk mengatasi gangguan kecemasan mulai dari teh hijau, teh kunyit, dan teh jahe. Minum teh herbal dapat membantu mengatasi kecemasan dan memudahkan Anda untuk tidur saat mengalami insomnia.


8. Bermain dengan hewan peliharaan

Hewan peliharaan menawarkan persahabatan, cinta, dan dukungan. Penelitian yang diterbitkan pada 2018 lalu menyebut, hewan peliharaan dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan berbagai masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan.


Itulah cara mengatasi gangguan kecemasan yang dapat Anda lakukan. Jika kecemasan tak kunjung membaik segea konsultasikan dengan tenaga profesional seperti psikolog.(CNN Indonesia)

×
Berita Terbaru Update