Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Efek Nonton Drama Seharian terhadap Kesehatan

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB Last Updated 2021-12-23T03:09:04Z

Binge-watching jadi aktivitas populer yang ternyata mempengaruhi kesehatan. Berikut efek nonton drama seharian terhadap kesehatan.(Foto: iStockphoto-ThinkDeep)



padanginfo.com- Jakarta- Binge-watching atau menonton seharian baik film maupun drama kini jadi aktivitas yang populer terutama di kalangan milenial. Aktivitas ini ternyata mempengaruhi kesehatan. Berikut efek nonton drama seharian terhadap kesehatan.


Binge-watching merujuk pada aktivitas menonton sejumlah episode drama atau maraton beberapa film sekaligus dalam sekali duduk. Tak jarang, orang bisa binge watching selama 12-24 jam.


Studi menunjukkan di masa pandemi Covid-19 saat orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aktivitas binge-watching pun melonjak dari pada biasanya.


Yang Terjadi pada Tubuh dan Otak saat Membaca Berita Corona


Jika tidak dikontrol, kegiatan ini bisa membahayakan kesehatan. berikut efek nonton drama seharian terhadap kesehatan:


1. Kecanduan

Binge-watching bisa menyebabkan kecanduan. Kecanduan menonton seharian ini tidak ditentukan dari banyaknya episode atau lamanya menonton, melainkan efek dari aktivitas tersebut.


Kecanduan menonton dapat membuat suasana hati seseorang tergantung pada aktivitas ini. Kecanduan juga bisa membuat hubungan, pendidikan, atau pekerjaan rusak.


2. Kecemasan-depresi

Dikutip dari Independent, studi menunjukkan menonton tv seharian memiliki hubungan yang signifikan dengan gejala kecemasan dan depresi. Semakin besar gejala kecemasan dan depresi, semakin bermasalah pula binge-watching yang dilakukan.


3. Meningkatkan risiko penyakit

Menonton drama seharian sering kali dilakukan dari kursi atau bahkan sambil tidur. Kondisi ini jika terus dilakukan dalam waktu lama dapat merusak postur tubuh. Selain itu, risiko penyakit juga meningkat. Aktivitas sedenter ini meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.


Itulah efek menonton drama seharian. Perhatikan kembali aktivitas menonton Anda agar tidak mengganggu kesehatan.(CNN Indonesia)


 

×
Berita Terbaru Update