Notification

×

Indeks Berita

Pesan Tito Kepada Kepala Daerah di Sumbar Mencegah Varian Omicron

Sabtu, 18 Desember 2021 | Desember 18, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T01:22:15Z


 

Mendagri dalam kunjungan ke Sumbar untuk rapat penanggulangan Covid-19. 

Padanginfo.com-PADANG-
Dalam kunjungan kerja sehari di Sumatera Barat, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan beberapa hal terkait varian baru Covid-19, Omicron.


Tito mengatakan langkah penting untuk mencegah Corona varian Omicron adalah dengan tiga prinsip, yaitu menjalankan prokes, tracking dan tracing, serta vaksinasi.

Hal itu disampaikan Tito setelah melakukan Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi di Auditorium Gubernur Sumatera Barat. Tito juga membeberkan nantinya Satgas COVID-19 di daerah menggunakan salah satu metode untuk mengkonfirmasi kepastian kasus Omicron.


"Nanti di tiap (Satgas COVID) daerah itu ada namanya metodologi namanya SGTF, spike gene target failure, SGTF, jadi tidak harus menggunakan mesin whole genome sequences (WGS)," terangnya.


Tito menuturkan siapa pun yang positif harus segera dilakukan tracking dan tracing. Kepala daerah diminta untuk memfasilitasi jika ada masyarakat terkonfirmasi positif Omicron.

"Maka kita prinsip (untuk melakukan) penegakan prokes, kemudian sekali lagi tracking dan tracing, dan yang terakhir adalah percepatan vaksinasi," kata Tito sebagaimana dikutip Detik.com.

Tito meminta pemerintah daerah melakukan percepatan vaksinasi. Saat ini, pemerintah belum mengetahui persis terkait karakter Omicron. Salah satunya soal tingkat keparahan penularannya. Proses penelitian di Indonesia ataupun dunia terkait varian tersebut masih berlangsung.


"Makanya kita datang ke sini (Sumbar) khusus berbicara mengenai percepatan vaksinasi itu, karena beberapa kasus yang sudah divaksin yang kena Omicron tidak parah bahkan ada yang simptomnya rendah sekali,"  tegas mantan Kapolri ini (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update