Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sumbar Diguyur Hujan Lebih 40 Jam Jalur ke Bengkulu Putus

Sabtu, 18 Desember 2021 | Desember 18, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T02:14:31Z


 

Longsor di Bukik Pulai Pessel (Foto: Kominfo Pessel)


Padanginfo,com-PADANG-
Lebih kurang 40 jam, sejumlah kawasan di Sumatera Barat diguyur hujan sejak  pukul 15.00, Kamis 16/12/2021. Sejumlah kawasan terkena banjir dan tanah longsor. Yang terparah di Kabupaten Pesisir Selatan. Akibat tanah longsor di sejumlah titik, jalur darat ke Provinsi Bengkulu terputus.


Informasi yang dihimpun padanginfo.com, di Kabupaten Pesisir Selatan, banjir menggenangi permukiman warga dengan ketinggian rata-rata satu hingga dua meter, sedangkan di dalam rumah warga mencapai setengah meter.

Banjir terjadi di lima titik kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan yakni Tapan, Batang Kapas, Lengayang, Silaut, dan Tarusan.


Sementara longsor yang  menimpa di sejumlah titik ruas jalan terjadi di Luwung, Kecamatan Bayang, kemudian Batang Kapas Kecamatan Batang Kapas, dan Bukit Pulai Kecamatan Batang Kapas.

"Material longsor menutup akses jalan, sampai malam ini pengerjaan serta pembersihan terus dilakukan," kata Kepala Pelaksana BPBD Pesisir Selatan Doni Gusrizal saat dilansir Antara, Sabtu (18/12/2021)

Ia menerangkan, bencana longsor itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB akibat curah hujan tinggi yang mengguyur daerah setempat sejak Jumat pagi.

Selain melumpuhkan akses jalan, longsor juga dilaporkan mendampak pada salah satu rumah warga di Lakitan Tengah, Lengayang.

BPBD tetap mengimbau warga agar tetap hati-hati berkendara dalam kondisi hujan, terutama ketika melintas di titik rawan longsor.


Sejumlah ruas jalan di Kota Padang juga terkena banjir. Banjir menggenangi beberapa komplek perumahan dan  menumbangkan satu tiang listrik di Lubuak Paraku, ruas jalan Padang-Solok. Tiang ini menghantam satu minibus yang melewati ruas jalan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


Tiang listrik tumbang di Lubuak Paraku (Foto:BPBD Padang)

Kapolsek Lubuk Kilangan Padang, AKP Lija Nesmon, penanganan telah dilakukan dengan koordinasi pihak PLN. Longsor di kawasan Sitinjau Lawik ini tidak menutup akses jalan.


Hingga Sabtu pagi 18/12/2021 hujan masih mengguyur sejumlah kawasan di Sumbar.Ramalan cuaca yang dirilis dari BMKG menyampaikan, hujan badai petir intensif masih terjadi hingga malam. Suhu tertinggi 26C dan terendah 24C. (in).


×
Berita Terbaru Update