Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Gubernur Mahyeldi Berharap Sumbar Menjadi Pelopor Gerakan Anti Riba

Minggu, 23 Januari 2022 | Januari 23, 2022 WIB Last Updated 2022-01-23T09:57:45Z



Padanginfo.com-PADANG-Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah berharap, Sumbar menjadi pelopor dalam gerakan anti riba. Langkah ini dinilai gubernur karena Sumbar memuliki filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

 

“Sumbar sangat tepat untuk menjadi pelopor. Karena memiliki filosofi dan itu sudah kita awali dengan mewujudkan bertumbuhnya ekonomi syariah,” kata Mahyeldi ketika menjadi pembicara kunci pada seminar nasional memperingati Hari Indonesia Tanpa Riba, Ahad 23 Januari 2022 di aula Kantor Gubernur.

 

Seminar yang diselenggarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum Riba Crisis Center Sumbar menghadirkan pembicara di antaranya H.Asmar, pemilik Budiman Swalayan dan Linda Juliharti, penulis Buku Bahagianya PNS Tanpa Riba. Keduanya dinilai sebagai tokoh penggerak anti riba di Sumatera Barat.

 

Dikatakan Mahyeldi, secara umum masyarakat sudah memahami pengertian dan dampak riba. Nasmun dalam implementasinya belum seluruhnya bisa berjalan sesuai harapan.

 

“Untuk itu perlu gerakan sosialisasi dengan dalil yang bisa diterima masyarakat, tanpa menjustifikasi kelompok masyarakat yang belum sepenuhnya mampu meninggalkan riba seutuhnya,”  tegas Mahyeldi.

 

Bagi Sumatera Barat sendiri, jelas Mahyeldi, gerakan anti riba telah dilakukan dengan berbagai langkah-langkah konkret. Di antaranya melakukan konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah.

 

"Yang penting, kita jangan terjebak pada pengelompokan - pengelompokan, apalagi sampai menegatifkan  kelompok lain. Karena meski sudah mampu menerapkan prinsip anti riba secara invidu,", tegasnya.

Rahmat Ramadan selaku Ketua Pelaksana seminar  mengatakan, kegiatan seminar Anti Riba diselenggarakan untuk  menumbuhkan semangat menghilangkan karakter riba di masyarakatserta mengawal fatwa MUI tentang riba.

 

"Semoga dengan peringatan Hari Indonesia Tanpa Riba ini, kita dapat berkontribusi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghindari riba," kata Rahmat.

 

Demikian Siaran Pers yang disampaikan Media Centre Pemprov Sumbar melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik. (in).

 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update