Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Irjen Pol Teddy Minahasa Putra: Terima Kasih Ninik Mamak Minangkabau Atas Gelar Sangsako Adat untuk Saya

Minggu, 27 Februari 2022 | Februari 27, 2022 WIB Last Updated 2022-02-27T11:23:27Z

Ketua LKAAM Tanah Datar H. Aresno Dt. Andomo melakukan pengalungan kain sarung kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra , di Rumah Gadang LKAAM Tanah Datar dan disaksikan  Ketua LKAAM Sumbar (ist)


padanginfo.com
-TANAH DATAR- Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH.S.IK menyatakan terharu kepada pemangku adat di daerah ini dan mengucapkan terima kasih atas apreasi dari Ninik Mamak Minangkabau melalui LKAAM Sumbar yang telah sepakat memberikan gelar Sangsako Adat


Kapolda Sumbar saat memberi kata sambutan di rumah gadang LKAAM Tanah Datar (ist)

"Terimakasih atas pemberian gelar Sangsako Adat untuk saya. Terima Bapak-bapak LKAAM, juga masyarakat Tanah Datar dan Masyarakat adat Sumatera Barat. Juga terima kasih yang paling dalam kepada bapak pengurus LKAAM Sumbar. Kami ini abdi negara, kami bertugas dan mengabdi tanpa pamrih. Kalau kami diberikan apresiasi berupa gelar adat tentunya kami berterima kasih. Ini juga merupakan apresiasi terhadap seluruh anggota polisi di Sumbar," kata Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, saat memberi kata sambutan pada Raker LKAAM Sumbar dan sekaligus mengumumkan  penetepan jadwal pemberian gelar pada dirinya, Juli mendatang, di Tanah Datar, Minggu (27/2/2022)


Sebagai ungkapan selamat datang, Kapolda dan rombongan disuguhi siriah dalam carana ketika memasuki rumah gadang LKAAM Tanah Datar (ist)

Sebagaimana diketahui, Gala Sangsako. Gelar ini merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada tokoh-tokoh yang berjasa untuk Minangkabau, Islam, bangsa dan negara. Gelar ini juga akan diberikan kepada siapa saja yang punya manfaat bagi kemashlahatan umat dan warga di ranah minang.


Prosesi penyembutan Kapolda sebelum melangkahg ke rumah gadang (ist)

Sangsoko atau sangsako ialah gelar kehormatan yang diberikan berdasarkan persetujuan para peng- hulu dalam kerapatan adat (musya warah adat) kepada seseorang disebabkan oleh jasa dan peranan besar yang diberikan kepada suku atau kaum.


Ketua LKAAM Tanah Datar usai menggaungkan kain sarung  (ist)

Itu sebab , Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH.S.IK disepakati oleh LKAAM Tanah Datar dan LKAAM Sumbar untuk diberikan gelar Sangsako Adat. Gelar  yang rencananya akan dilewakan secara adat pada bulan Juli 2022. Namun dikabarkan, hari dan tanggal baru ditetapkan setelah pengurus LKAAM Tanah Datar dan LKAAM Sumbar mengadakan rapat dengan Gubernur Mahyeldi 


Keputusan pemberian gelar Sangsako Adat itu disampaikan oleh Ketua LKAAM Tanah Datar H. Aresno Dt. Andomo, S.Ag, setelah pihaknya melakukan rapat adat yang dihadiri Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dan Pengurus LKAAM Sumbar di kantor LKAAM Tanah Datar. Setelah itu ditandai dengan pengalungan Kain Sarung kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, di Rumah Gadang LKAAM Tanah Datar, Minggu (27/2/2022) pagi.


Dalam Raker LKAAM Sumbar ditandatangani MoU dengan Kapolda Sumbar (ist)

Kesepakatan pemberian gelar itu diperkuat dan disaksikan  Ketum LKAAM Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati dan  Bupati Tanah Datar Eka Putra serta  Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian,  juga Tampuak Tangkai Alam Minangkabau Nagari Pariangan Jefrizal Datuak Bandaro Kayo, Forkopimda Tanah Datar, Pengurus LKAAM Sumbar dan Ketua KAN se Tanah Datar. 


"Nama gelar Sangsako Adat yang akan diberikan kepada Irjen Pol Teddy Minahasa Putra masih dirahasiakan. Akan disimpan dalam peti adat  sampai saat dilewakan pada bulan Juli 2022 mendatang," kata H. Aresno Dt. Andomo. Namanya akan dibuka setelah dilewakan Juli mendatang


Kedatangan Kapolda juga disambut pemuka adat Tanah Datar (ist)

Ketum LKAAM Sumbar Dr Fauzi Bahar Dt Nan Sati menjelaskan, alasan pemberian gelar Sangsako Adat kepada Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH.S.IK ini didasari tiga hal yang sangat strategis. 


Pertama, dorongan dan kerja keras jajaran Kepolisian Sumbar dalam mencapai target vaksinasi Covid-19 di Sumbar hingga sampai 80 persen lebih. 


Kapolda memberi kata sambutan dalam raker LKAAM Sumbar (ist)

Kedua, sikap tegas Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dalam memberantas togel, judi, maksiat dan penyakit masyarakat di seluruh Sumbar. Pemberantasan yang tidak pandang bulu, termasuk menindak anggota Polda yang melakukan beking terhadap penyakit masyarakat. 


Ketiga yaitu disetujuinya MoU tentang Restorative Justice dengan melibatkan Ninik Mamak LKAAM, menindaklanjuti Perpol No 8. Kerjasama Polda dengan LKAAM ini ditandatangani Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dengan Ketum LKAAM Sumbar Dr Fauzi Bahar Dt Nan Sati, yang isinya memberi peran kepada Ninik Mamak untuk memfasilitasi penyelesaian kasus hukum di luar pengadilan yang melibatkan anak kemanakan, terutama kasus tipiring dan tidak pidana umum ringan lainnya.


Disaksikan Ketua LKAAM Sumbar, Kapolda mendatangani MoU (ist)

MoU tersebut ditandatangani dalam Raker LKAAM Sumbar di Auditorium Hotel Emersia Batusangkar, Minggu (27/2/2022) di hadapan Pengurus LKAAM Sumbar dan Pejabat Utama Polda Sumbar yang terdiri dari Direskrimum, Dirlantas, Diskrimsus, Ditnarkoba dan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setyanto.


Menurut Kapolda, MoU dengan LKAAM ini adalah penghormatan kepada nilai-nilai luhur adat yang tetap hidup dalam keseharian masyarakat Minangkabau. "Nilai adat dan kearifan lokal Minangkabau sendinya adalah agama, dalam hal ini agama Islam," kata Kapolda.


Kapolda foto bersama dengan Ketua LKAAM Sumbardan pengurus LKAAM Tanah Datar (ist)

Raker LKAAM Sumbar yang berlangsung 27-28 Februari 2022 ini selain membahas program kerja, juga menyepakati menerima pembekalan dari Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa, Rektor UNP Prof Ganefri, Rektor Unand Prof Yuliandri Dt. Tan Malako dan H. Gusmal Dt. Rajo Lelo. 


Profil Teddy Minahasa Putra

Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, S.H., S.I.K., lahir 23 November 1971  adalah seorang perwira tinggi Polri. Lulusan Akpol 1993 itu  sejak 25 Agustus 2021 menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra (dok)

Sebelumnya ia pernah menduduki jabatan, Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah (2008),  Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kapolres Malang Kota (2011), Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri (2013), Kaden C Ropaminal Divpropam Polri (2013),  dan  Karopaminal Divpropam Polri[2] (2017)

Ia pernah menjadi  Staf Ahli Manajemen (Sahli Jemen) Kapolri  tahun 2019 dipegang 

Sepanjang kariernya di Polri, ia telah menempati sejumlah jabatan strategis dan memiliki karier cemerlang. Di  antaranya, ia pernah menjabat sebagai Kapolda Banten pada Agustus 2018.  Hal yang menarik, saat itu, Teddy menggantikan Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang sekarang menjabat sebagai Kapolri. 

Jabatan Kapolda Banten tersebut hanya dipegang Teddy selama tiga bulan. 

Setelahnya, ia diangkat menjadi Wakapolda Lampung melalui surat telegram Kapolri dengan nomor ST/2949/XI/KEP/2018 tertanggal 17 November 2018.


Teddy Minahasa Putra juga pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2014. Saat itu, ia berpangkat Kombes Pol. Hal yang menarik lagi, saat itu ia menjabat ajudan Wapres berbarengan dengan Listo Sigit Prabowo yang dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi. 

Teddy Minahasa SH, SIK (Anggota Tim Ahli WAPRES RI) mendapatkan penghargaan SEROJA WIBAWA NUGRAHA sebagai lulusan terbaik PPSA-21 tahun 2017 dengan kriteria AKADEMIS TERBAIK & TASKAP TERBAIK dari Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo, di Gedung Dwi Warna, Lemhannas RI, Kamis (23/11/2017).

Ia tercatat pernah menjadi penerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya.  Dikutip dari laman Setkab, tanda kehormatan itu diberikan Presiden Jokowi dalam Peringatan ke-72 Hari Bhayangkara Tahun 2018, yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (11/7/2018) pagi.


Ketika menjadi staf ahli wapres tahun 2017, Teddy Minahasa yang masih berpangkat Brigjen juga mendapatkan penghargaan Seroja Wibawa Nugraha sebagai Lulusan Terbaik Progam Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXI-TA 2017 Lemhannas RI.

Penghargaan sebagai lulusan terbaik ini diberikan berdasarkan pada kriteria dengan Akademis Terbaik dan Taskap (Kertas Karya Perorangan) Terbaik.

Penghargaan sebagai lulusan terbaik disampaikan oleh Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Pur) Agus Widjojo dalam penutupan PPSA XXI Lemhannas RI di Gedung Dwi Warna, Lemhannas RI Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Ia juga merupakan Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026. (Lipsus Polda Sumbar)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update