Notification

×

Indeks Berita

Gempa Pasaman, Badan Intelijen Negara Sumbar Salurkan Bantuan Lewat Waligari

Senin, 28 Februari 2022 | Februari 28, 2022 WIB Last Updated 2022-02-28T05:10:47Z

Kepala BIN Sumbar saat menyerahkan bantuan kepada wali nagari Kajai (ist)

padanginfo.com-
PASAMAN- Badan Intelijen Negara (BIN) Sumatera Barat menyelurkan logistik bagi korban terdampak gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman. Bantuan tersebut, disalurkan langsung  Kepala BIN Daerah (Binda) Sumbar, Hendra melalui wali nagari, Minggu (27/2).


Hendra mengatakan bantuan telah diserahkan pihaknya sejak Jumat atau hari pertama kejadian gempa untuk wilayah Kajai, Kecamatan Talamau hingga saat ini.


“Secara langsung (bantuan) sudah kami serahkan kemarin ke Walinagari Kajai Ibu Ramadani dari kemaren hingga saat ini," kata Hendra di Simpang Empat, Minggu (27/2).


Untuk penyaluran bantuan ke warga yang terdampak, katanya, BIN menyerahkan sepenuhnya kepada wali nagari.


Ia menyebutkan paket logistik yang disalurkan berupa beras, minyak goreng, mie instan, air mineral, gula, roti, dan lainnya.


Selain di Kajai, bantuan logistik juga disalurkan ke warga Kampung Alang melalui Wali Jorong yang mengungsi di perkebunan sawit.


BIN Sumbar juga ikut mengerahkan personel ke Pasaman Barat serta mendirikan posko bantuan bencana di beberapa titik.

Dintarnya posko di halaman kantor Bupati Pasaman Barat, SDN 21 Kajai, Kecamatan Talamau, Kantor Walinagari Kajai, dan Kenagarian Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.


“Posko ini kita dirikan untuk mempermudah penyaluran bantuan bagi korban gempa, penyerahan bantuan tahap kedua dilakukan tadi siang sebanyak 1.500 kantong beras," jelasnya


Kemudian ada minyak goreng ukuran 1 liter sebanyak 1.500 bungkus, 300 dus mi insta, dan gula pasir dengan berat ½ kilogram berjumlah 1.500 bungkus.


Ia mengatakan pendistribusian bantuan akan terus dilanjutkan pihaknya sesuai komitmen Kepala BIN untuk mengurangi beban saudara-saudara yang sedang tertimpa musibah.


Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat dengan magnitude 6,2, diduga dipicu sesar besar Sumatera tepatnya pada Segmen Angkola bagian selatan dengan mekanisme geser menganan (Strike Slip Dextral). Tercatat sudah terjadi 80 lebih gempa susulan.(ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update