Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Komisi V DPRD Sumbar Perdalam Pola Sinergisitas Eksekutif dan Legislatif di DPRD DKI

Sabtu, 12 Februari 2022 | Februari 12, 2022 WIB Last Updated 2022-02-20T04:05:58Z


Mucklis Yusuf Abit dan Alex Trisio (ist)

padanginfo.com-
JAKARAT-  Komisi V DPRD Sumbar melakukan kunjungan kerja  ke Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Senin (7/2/2022). Kunjungan tersebut, bertujuan untuk memperdalam pola sinergisitas eksekutif dan legislatif pemerintahan DKI Jakarta, untuk bisa memberikan dampak positif bagi bidang kesejahteraan masyarakat (kesra).


 

 Komisi V DPRD Sumbar saat pertemun dengan Subbagian rumah tangga , protokol dan perjalanan dinas Sekretariat Dewan DKI (ist)

Ketua Komisi V DPRD Sumbar Mucklis Yusuf Abit  mengatakan, secara substansi komisi mempelajari bagaimana pemerintahan DKI Jakarta menerapkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, dimana penyelenggaraan pemerintahan daerah itu adalah DPRD dan Pemerintah Daerah (Provinsi, Kota dan Kabupaten).


Pertemuan Komisi V DPRD Sumbar di DPRD DKI Jakarta (ist)

Dengan skema tersebut, komisi V ingin mengetahui bagaimana dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat. Tentunya meliputi bidang-bidang penunjang seperti kesehatan, pendidikan hingga distribusi bantuan-bantuan.


Pada bidang pendidikan, lanjutnya, Komisi E DPRD DKI Jakarta mengoptimalkan beasiswa CSR perusahaan BUMN, BUMD hingga Swasta untuk membantu siswa-siswa yang kurang mampu di Provinsi DKI Jakarta, sama hal nya dengan daerah lain, Komisi E juga tidak mampu berbuat banyak untuk menjalankan program-program strategis bagi sektor pendidikan, karena adanya keterbatasan di masa pandemi.


“ Dengan beasiswa-beasiswa itulah mereka bisa berbuat lebih ditengah keterbatasan,” katanya.  Dia mengatakan Di Sumbar, komisi v juga tidak bisa berbuat banyak akan sektor pendidikan, semua tergantung dengan kekuatan keuangan daerah, apalagi fokus pemerintah provinsi adalah sektor pertanian. Meski demikian komisi v tetap melakukan upaya-upaya agar program-program pendidikan bisa dioptimalkan.


Pertemuan Komisi V DPRD dengan subbagian rumah tangga , protokol dan perjalanan dinas Sekretariat Dewan DKI Jakarta  (ist)

“ Untuk pemulihan ekonomi, banyak hal yang dapat kita adopsi dari DKI Jakarta, terutama pola penyaluran bantuan-bantuan yang melibatkan pihak-pihak diluar pemerintahan,” katanya.


Dia mengatakan kunjungan Komisi V ke Komisi E DPRD DKI Jakarta disambut oleh kepala subbagian rumah tangga , protokol dan perjalanan dinas Sekretariat Dewan DKI Jakarta Alex Trisio.

 

Anggota Komisi V DPRD Sumbar tengah melakukan kegiatan di DPRD DKI Jakarta

Sementara itu Anggota Komisi V DPRD Sumbar Sitti Izzati Aziz mengatakan, tidak hanya fokus terhadap mencari bantuan untuk siswa siswa miskin, komisi juga belajar terhadap upaya Pemprov DKI Jakarta menjalankan program pemerataan pendidikan yang ditunjang oleh regulasi dan anggaran. Tidak bisa dipungkiri APBD DKI Jakarta cukup besar, komisi E berupaya mengakomodir keunggulan tersebut untuk  kesejahteraan seluruh unsur yang masuk dalam sektor pendidikan.

 

Kunjungan kerja Komisi V DPRD Sumbar di DPRD DKI

" Harus diketahui  bagaimana regulasi yang dilahirkan oleh pemerintah provinsi dan dprd mampu mengakomodir kekurangan-kekurangan pada sektor pendidikan, muaranya adalah kesejahteraan bagi masyarakat daerah," katanya 

Sementara itu Kepala subbagian rumah tangga , protokol dan perjalanan dinas Sekretariat Dewan DKI Jakarta Alex Trisio mengatakan permintaan maafnya karena saat kedatangan Komisi V DPRD Sumbar, komisi E tengah melakukan tugas kedewanan lainya.




Anggota Komisi V dan staf Sekretariat DPRD Sumbar saat melakukan pertemuan dengan DPRD DKI

Meski demikian pihaknya telah menerangkan bagaimana sistem kerja yang dibangun komisi E dengan pemerintah provinsi DKI.

Dengan pertemuan tersebut dia berharap, bisa memberikan manfaat bagi kinerja Komisi V DPRD Sumbar.

“ Meski tanpa anggota komisi E tidak mengurangi pentingnya pertemuan ini, semoga bisa bermanfaat,” tutupnya.(Pariwara DPRD Sumbar)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update