Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Ternyata Penyebab Nyeri Sendi adalah 5 Jenis Makanan ini

Jumat, 18 Februari 2022 | Februari 18, 2022 WIB Last Updated 2022-02-18T03:23:43Z

dr Saddam Ismail (satuarah.co)

padanginfo.com
- Seseorang  mengalami jeri sendi disebabkan melakukan aktivitas yang berat. Namun ternyata menurut healthy vlogger yang juga seorang dokter, dr. Saddam Ismail, selain aktivitas yang berat ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan nyeri sendi.

“Ini merupakan jenis makanan penyebab nyeri sendi secara umum, jadi pada sebagian orang jika mengkonsumsi makanan ini bisa timbul nyeri sendi,” kata dr. Saddam Ismail, seperti yang dikutip MapayBandung.com pada Kamis 17 Februari 2022.

Makanan penyebab nyeri sendi yang dimaksud oleh dr. Saddam Ismail adalah sebagai berikut:

1. Tomat

Tomat memang dikenal sebagai makanan anti inflamasi, tapi tidak untuk artritis tertentu seperti asam urat. Jika mengkonsumsi tomat otomatis asam urat akan naik dan bisa menyebabkan nyeri sendi.

Kemudian jika seseorang yang tidak memiliki asam urat sekalipun jika terlalu berlebihan makan tomat kadar asam urat akan naik sehingga akan menyebabkan nyeri sendi.

2. Minyak kedelai dan minyak jagung

Minyak kedelai dan minyak jagung pada dasarnya mengandung omega 6. Dan biasanya kandungan minyak kedelai atau minyak jagung yang mengandung omega 6 dengan mudah bisa ditemukan dalam makanan kemasan, kuning telur, daging dan margarin.

Jika mengkonsumsi omega 6 terlalu banyak hal tersebut dapat menyebabkan penyakit asam, jantung, ataupun peradangan.

“Jadi jika memiliki penyakit rheumatoid arthritis tertentu dan mengkonsumsi makanan kemasan yang banyak mengandung minyak kedelai atau minyak jagung maka hal tersebut akan membuat nyeri sendi menjadi timbul,” ujar dr. Saddam Ismail.

3. Soda manis

Minuman bersoda yang manis dapat membuat efek buruk untuk kesehatan tubuh. dengan mengkonsumsi soda manis secara rutin atau berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes, jantung dan juga peradangan.

Selain penyakit tersebut, sering mengkonsumsi minuman soda manis juga dapat meningkatkan risiko nyeri sendi.

4. Makanan cepat saji atau makanan yang digoreng

Makanan cepat saji atau makanan yang digoreng memang harus sebisa mungkin dihindari. Hal tersebut karena makanan cepat saji dan makanan yang digoreng meningkatkan risiko lebih mengalami nyeri sendi.

5. Produk olahan susu

Bagi seseorang yang mempunyai alergi terhadap protein hewani seperti susu segar, keju ataupun sejenisnya maka harus dihindari. Hal tersebut karena pada orang yang alergi protein susu akan meningkatkan risiko terkena nyeri sendi lebih besar.

“Ini tidak semua orang makan jenis makanan ini langsung nyeri sendi ya, tapi sebagian orang yang mengkonsumsi jenis makanan ini secara terus menerus bisa menimbulkan nyeri sendi,” ucap dr. Saddam Ismail.***

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update