Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Wagub Audy ke SMA Adabiah, Canangkan Germas Go To School

Kamis, 03 Februari 2022 | Februari 03, 2022 WIB Last Updated 2022-02-03T16:56:14Z
padanginfo.com-PADANG- Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar)  Audy Joinaldy   berkunjung ke SMA Adabiah, Kamis pagi,  3 Februari 2022. Kedatangan Wagub didampingi Kepala Balai Kesehatan  Indera Masyarakat (BKIM) Sumbar,  Drg. Afando Ekardo adalah dalam rangka pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan kampanye anti stunting. 

Kepala SMA Adabiah Ishlah Firdaus bersama majelis guru dan ratusan siswa-siswi SMA swasta yang berlokasi di Jati itu menyambut gembira kedatangan Wagub Audy. Karena untuk pertamakalinya Wagub milenial ini berkunjung ke Adabiah. 

Dalam sambutannya Wagub menyampaikan bahwa penurunan prevelansi stunting merupakan bagian dari misi pertama Pemprov Sumbar, yaitu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, berpengetahuan, terampil, dan berdaya saing.

"Misi nomor satu kita di Sumbar adalah meningkatkan kualitas SDM. Dalam misi ini, pembangunan kesehatan merupakan investasi yang pertama, dan itu dimulai dari pencegahan stunting," ujar wagub.

Ia menjelaskan, stunting disebabkan oleh kekurangan zat mikro yang mengakibatkan kurangnya sel darah merah atau anemia. Sehingga gerakan minum tablet penambah darah di sekolah merupakan langkah tepat guna mencegah stunting langsung di akar permasalahannya. Selain itu program ini juga dapat menyentuh langsung ke target utama yang berperan amat penting dalam pencegahan stunting, yaitu remaja putri.

"Sebagai upaya pencegahan stunting dari akar masalahnya, kita mencanangkan minum tablet penambah darah di sekolah. Program ini juga merupakan bagian dari aksi bersama cegah stunting dan awasi obesitas yang tengah digalakan Pemprov Sumbar," jelas wagub .

Mewakili Dinas Kesehatan Prov. Sumbar Harizal dari Tim Promosi Kesehatan mengatakan, Germas to School memang sengaja menarget remaja putri, khususnya untuk mencegah anemia. Karena jika tidak dilakukan pencegahan, setelah menjadi Ibu nantinya anak yang dilahirkan juga akan berpotensi menderita anemia dan mengalami stunting.

"Oleh karena itu dari remaja ini kita gerakkan, agar mereka mau meminum tablet penambah darah. Dinkes Sumbar  bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) untuk melakukan edukasi kepada remaja-remaja mengenai stunting, khususnya remaja putri mengenai anemia,"  kata Harizal. 

1Program  Germas Go To School  dilakukan di sepuluh sekolah di Kota Padang. Salah satunya di SMA Adabiah. 


Kepala Sekolah SMA Adabiah Ishlah Firdaul  yang menjadi pilot project, menyambut baik Germas Go To School yang digalakkan Dinas Kesehatan dan menyampaikan kesiapannya dalam medukung program pencegahan stunting dari pemerintah. 

Menurut Ishlah,   program Germas Go to School  sangat baik dan bermanfaat bagi siswi di sekolah. Terutama dalam  pembekalan pemahAman  budaya hidup sehat.  (in) 



Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update