Notification

×

Indeks Berita

Gubernur Mahyeldi Raih Anugrah DEN, Pertamina dan Hiswana Migas Beri Selamat

Senin, 24 Oktober 2022 | Oktober 24, 2022 WIB Last Updated 2022-10-24T04:10:58Z

 


Gubernur Mahyeldi menjawab wartawan usai menerima anugrah DEN 2002, di Jakarta. Foto.ist

padanginfo.com
-JAKARTA-- Pertamina dan Hiswana Sumbar berikan selamat pada Gubernur Sumbar karena  meraih penghargaan pada level nasional.Yaitu  Pemenang Kedua pada Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2022 untuk kategori Daerah yang Mengoptimalkan Penggunaan Energi Baru Terbarukan.


Anugerah diterima langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, pada resepsi Anugerah DEN 2022 di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat malam, 21/10/2022.


"Anugerah ini diperoleh atas prestasi Sumatera Barat yang telah berhasil mengembangkan energi baru terbarukan. Keberhasilan ini merupakan bentuk komitmen Sumatera Barat dalam melalukan transisi energi menuju Net Zero Emission 2060," ucap SAM Pertamina Narotama Fajri. 


Pemberian Anugerah DEN 2022 bertujuan untuk mengapresiasi pencapaian Pemerintah Daerah Provinsi dalam menyusun dan mengimplementasikan Peraturan Daerah Rencana Umum Energi Daerah Provinsi (Perda RUED-P) dalam bentuk regulasi, kebijakan, dan program pembangunan daerah.


Tahun 2021 penggunaan energi terbarukan pada bauran energi primer (energy mix) Sumatera Barat telah mencapai 28,19%. Bauran ini lebih tinggi dari total penggunaan energi terbarukan secara nasional yang baru mencapai 11,5% di tahun yang sama. 


Pemanfaatan energi terbarukan telah mencapai 54,90%. Pemanfaatan terbesar berasal dari tenaga air (PLTA) sebesar 56,08%. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 18,8%. Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa sebesar (PLTBm) 15,86%. Sisanya berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mini/Mikro Hidro (PLTM/h) dan tenaga surya (PLTS). 


PLTA terdiri dari PLTA Maninjau, Singkarak dan Ombilin. PLTP dikembangkan oleh PT. Supreme Energy Muaro Laboh di Kab. Solok Selatan dengan kapasitas 85 MW. PLTM terdiri dari PLTM Sako, Lubu Gadang, Siamang Bunyi dll. PLTMh dan PLTS tersebar di hampir seluruh kabupaten yang terdapat di perdesaan untuk listrik masyarakat terpencil.


Pemberian Anugerah DEN Tahun 2022 merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Anugerah DEN 2022 yang diawali dengan tiga seri Webinar Nasional dan Pameran Transisi Energi sejak 27 Juli lalu. (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update