Notification

×

Indeks Berita

7 Cara Alami Membersihkan Lendir di Paru-paru dengan Mudah

Selasa, 24 Januari 2023 | Januari 24, 2023 WIB Last Updated 2023-01-24T03:05:55Z




 

lustrasi. Kondisi paru-paru bolong bisa berakibat fatal. (iStockphoto/Morsa Images)





padanginfo.com-JAKARTA-  Dengan berbagai masalah kesehatan yang merebak saat ini, Anda harus waspada dengan kesehatan paru-paru. Ada cara alami membersihkan lendir di paru-paru.

Namun bagaimana seseorang membersihkan paru-paru?

Mengutip berbagai sumber, seseorang dapat "membersihkan" paru-parunya dan meningkatkan kesehatan paru-parunya. Cara terbaik bagi seseorang untuk memastikan kesehatan paru-parunya adalah dengan menghindari racun berbahaya, seperti asap rokok dan polusi udara.

Selain itu, seseorang juga dapat memasukkan perilaku gaya hidup tertentu, seperti olahraga teratur dan makan dengan baik.

Berikut cara alami membersihkan lendir di paru-paru :

1. Drainase postural

Praktik ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru. melibatkan berbaring di posisi yang berbeda untuk menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru.

- Di punggung

Berbaring di lantai atau di tempat tidur, kemudian letakkan bantal di bawah pinggul untuk memastikan dada lebih rendah dari pinggul.

Tarik napas perlahan melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Setiap hembusan napas harus memakan waktu dua kali lebih lama dari saat menghirup, yang disebut pernapasan 1:2. Lanjutkan selama beberapa menit.

 

- Di sisi samping

Berbaring miring, sandarkan kepala di lengan atau bantal. Tempatkan bantal di bawah pinggul. Latih pola pernapasan 1:2. Lanjutkan selama beberapa menit.

Ulangi di sisi lain.

- Di perut Anda

Tempatkan setumpuk bantal di lantai, kemudian dengan perut di atas bantal. Jaga pinggul tetap di atas dada. Kemudian Lipat lengan di bawah kepala untuk menopang.

Latih pola pernapasan 1:2. Lanjutkan selama beberapa menit.

 

2. Humidifier

Udara kering dapat membuat hidung dan tenggorokan teriritasi, yang dapat menyebabkan produksi lebih banyak lendir sebagai pelumas. Pelembab kabut dingin di kamar tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, membantu membersihkan hidung, dan mencegah sakit tenggorokan.

 

3. Steam inhalation

Teknik ini membantu membersihkan saluran udara dan mengeluarkan lendir. Orang dengan penyakit paru-paru mungkin melihat gejalanya memburuk di udara dingin atau kering. Uap dapat menambah kehangatan dan kelembapan pada udara, meningkatkan pernapasan, dan melonggarkan lendir.

 

4. Tarik napas dengan kain lembap

Melembapkan kain dan menghirupnya dapat membantu mengembalikan kelembapan pada hidung dan tenggorokan. Selain itu, panas akan membantu menghilangkan rasa sakit dan tekanan. Ini juga jadi cara alami membersihkan lendir di paru-paru.

 

5. Jaga kepala tetap tinggi

Jika akumulasi lendir sangat mengganggu, mungkin membantu untuk tidur di atas beberapa bantal atau duduk di kursi malas.

 

6. Semprotan hidung

Semprotan garam atau irigator dapat membantu membersihkan lendir dan alergen dari hidung dan sinus. Cari semprotan steril yang hanya mengandung natrium klorida, dan gunakan air steril atau suling saat membersihkan hidung.

7. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengurangi batuk dan produksi lendir. Menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke diffuser atau mandi air hangat dapat membantu membersihkan hidung.

Itulah beberapa cara alami membersihkan lendir di paru-paru. (CNN Indonesia)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update