Notification

×

Indeks Berita

6 Hal Harus Dilakukan agar Tak Banyak Lendir di Paru-paru, Apa saja

Sabtu, 18 Februari 2023 | Februari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-02-18T04:10:18Z

 



Ilustrasi rokok (foto.Merdeka)

padanginfo.com
-JAKARTA-  -- Apa yang harus dihindari agar paru-paru tidak banyak lendir? Pertanyaan ini kerap dilontarkan saat musim pancaroba yang menjadi ancaman buat kesehatan, terutama sistem pernapasan.

Pada dasarnya, tak ada satu pun makanan atau minuman yang benar-benar ampuh membersihkan paru-paru secara optimal. Agar paru-paru bersih dari lendir berlebih, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan.

Paru-paru dirancang untuk membersihkan dirinya sendiri melalui berbagai mekanisme. Sel kekebalan khusus di paru-paru membantu Anda tetap sehat dengan membunuh organisme penyebab penyakit.

Dengan mengikuti gaya hidup sehat, Anda dapat membantu memaksimalkan kemampuan paru-paru untuk berfungsi secara maksimal.

Melansir Medicine Net, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar paru-paru tetap sehat dan terhindar dari lendir berlebih.

1. Berhenti merokok dan vaping

Merokok atau vaping menjadi salah satu dari apa yang harus dihindari agar paru-paru tidak banyak lendir.

Berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Merokok dan paparan asap rokok merupakan faktor terbesar dalam produksi lendir berlebih yang kronis.

Merokok telah dikaitkan dengan beberapa penyakit paru-paru, seperti bronkitis kronis, emfisema, dan kanker paru-paru. Bahkan rokok elektrik atau vaping juga dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

2. Hindari asap rokok

Ilustrasi. Anda perlu tahu apa saja yang harus dihindari agar paru-paru tidak banyak lendir. (iStockphoto/Rattankun Thongbun)

Asap yang dihirup dari rokok orang lain juga dapat memengaruhi kesehatan paru-paru. Penelitian telah menunjukkan bahwa asap yang keluar dari ujung rokok, cerutu, atau pipa lebih tidak tersaring dibandingkan dengan asap yang diembuskan oleh perokok itu sendiri.

Asap sampingan mengandung lebih banyak racun berbahaya daripada asap utama. Artinya, asap yang dihirup oleh perokok pasif bisa lebih merusak paru-paru.

3. Lindungi diri dari infeksi paru-paru

Sebisa mungkin hindari kontak dekat dengan orang yang memiliki tanda-tanda infeksi pernapasan seperti pilek dan batuk. Jika bisa, dapatkan suntikan vaksin secara teratur.

 

4. Lindungi diri dari polusi

Polusi udara, baik di dalam maupun luar ruangan, tak bisa dihindari. Tapi Anda bisa melindungi diri dari ancaman polusi yang berbahaya.

Usahakan agar udara dalam ruang tetap bersih dengan rutin menyedot debu secara teratur. Gunakan juga filter udara yang bisa menyaring kotoran.

Gunakan juga masker saat berada di luar ruangan, utamanya area yang penuh polusi. Bukan cuma mencegah Covid-19, masker juga bisa digunakan untuk menghindari tubuh menghirup racun-racun yang ada di udara.

5. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Orang dengan penyakit paru-paru kronis dapat melakukan aktivitas fisik sesuai yang diinstruksikan dokter, termasuk di antaranya latihan pernapasan.

 

6. Menjaga pola makan sehat

Konsumsi makanan kaya antioksidan membantu mencegah penyakit kronis yang menyerang paru-paru. Perbanyak asupan buah, sayur, dan biji-bijian utuh demi mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Ikuti hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari lendir berlebih di paru-paru di atas. Semoga membantu!(CNN Indonesia)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update