Notification

×

Indeks Berita

Air Mata Haru Orang Tua Mengiringi Wisuda Tahfizh Murid Sekolah Adabiah

Minggu, 26 Februari 2023 | Februari 26, 2023 WIB Last Updated 2023-02-26T04:44:11Z

 

Seorang murid SD Adabiah memasangkan mahkota kepada orang tuanya sebagai simbol mereka yang dapat menjumpai orang tuanya di hari akhir karena hafal Alquran.



Padanginfo.com – PADANG – Air mata haru menetes dalam pelukan orang tua dan anak ketika sebuah puisi dibacakan oleh seorang siswa SMA Adabiah, Aditya Putra Pratama, pada acara wisuda tahfizh 210 orang murid Sekolah Adabiah, Sabtu 25 Februari 2023 di  aula Abdullah Ahmad, Komplek Perguruan Adabiah.


Para wisudawan dan wisudawati, berhamburan mencari orang tua masing-masing ketika sampai pada bait yang dibacakan… “Disaat semua orang lari kocar kacir tidak tau arah.. maka ada seorang penghafal Al-qur’an yang berdiri tegak... Ia mencari kedua orang tuanya dan menghadiahkan mahkota yang cahayanya lebih indah dari cahaya matahari.


“Saya tidak kuasa menahan air mata ketika mahkota dipaangkan putri saya,” ujar Linda, seorang ibu muda yang anaknya telah hafal satu juz dan duduk di kelas 1 SMP Adabiah.


Hal yang sama juga disampaikan seorang bapak, Bastian, yang anaknya duduk di kelas 2 SMA Adabiah 2 lulus dengan hafalan  2 juz.


Suasana haru juga merembes ke undangan lainnya, yang menghadiri wisuda Angkatan pertama, melihat anak-anak yang telah hafal Alquran dengan jumlah juz yang berbeda. Semua menghapus air mata yang meleleh di pipi.


Acara wisuda Tahfizh Sekolah Adabiah itu dihadiri oleh Gubernur Sumbar diwakili Kepala Biro Kesra Al Amin S.Sos, Wali Kota Padang diwakili Sekda Dr. Andre Algamar dan para orang tua siswa.


Ketua Pengurus Yayasan Syarikat Oesaha Adabiah Drs. Aristo Munandar mengatakan, wisuda tahfizh murid sekolah Adabiah diikuti oleh murid dari tingkat TK, SD, SMP dan dua SMA; SMA Adabiah dan SMA Adabiah 2. Seluruh murid di sekolah Adabiah wajib mengikuti program tahfizh sebagai program unggulan (progul) Sekolah Adabiah. Mereka dilatih oleh guru-guru tahfizh dibawah pengawasan Forum Guru Pendidikan Agama Islam (FG.PAI) Adabiah.


“Jadi, anak-anak yang sekolah di Adabiah tidak saja mengikuti pelajaran umum, tapi juga diberikan materi tambahan sebagai program unggulan di sekolah Adabiah,” ungkap Aristo.


Gubernur Sumbar diwakili Ka Biro Kesra Al Amin menyambut baik adanya program unggulan yang diberikan oleh Perguruan Adabiah.


“Semoga dengan kemampuan murid menguasai hafalan Alquran, menjadi ciri khas Adabiah dalam  menciptakan generasi masa depan yang madani dan qurani,” ujar Al Amin.


Sekda Kota Padang Andre Algamar dalam sambutannya mengatakan, mereka yang hafal Alquran adalah orang yang kuat karakter dan memiliki kualitas kepribadian yang kuat. Mereka tidak akan terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.


“Pemko Padang sangat berterima kasih kepada Adabiah yang telah ikut mendukung program Pemko dalam hal wajib hafal alquran, khususnya juz 30 bagi murid SD dan SMP,” kata Andre.


Sebelumnya Ketua FG.PAI Sekolah Adabiah Rahmat  Hidayat, S.Pdi melaporkan, secara keseluruhan mereka yang bersekolah di Adabiah telah menguasai hafalan Alquran dengan jumlah juz yang berbeda. Namun untuk bisa mengikuti wisuda, mereka terlebih dahulu mengikuti ujian/munaqasah dengan kemampuan bacaan ayat yang dihafal.


Adapun  jumlah siswa yang akan diwisuda masing-masing terdiri dari TK 17 orang, SD 15 orang, SMP 58 orang, SMA  Adabiah 59 orang dan SMA Adabiah 2 sebanyak 61 orang. Tingkat hafalan dari 1 juz hingga 6 Juz.


“Insya Allah, pada wisuda berikutnya jumlah yang akan diwisuda lebih banyak lagi,” ujar  guru PAI SMP Adabiah ini. (ak).


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update