Notification

×

Indeks Berita

Begini Cara Pengusaha Minang Dony Oskaria Pasarkan Indonesia ke Dunia

Kamis, 23 Februari 2023 | Februari 23, 2023 WIB Last Updated 2023-02-23T03:00:20Z

 


Pengusaha Dony Oskaria (kanan) bersama wartawan Adrian Tuswandi di sebuah kawasan wisata di Indonesia. Foto. Ucok

padanginfo.com-
BALIGE- MotoGP Mandalika 2022, G20 dan Happy New Year 2022-2923 di Labuan Bajo pecahhh. 24-26 Februari 2023 ini In Jouney (PT Aviasi Pariwsata Indonesia) berkolaborasi dengan kementerian negara dan swasta nasional menggelar F1 PowerBoat Championship di hamparan Danau Toba, Balige Sumatera Utara. 


12 boat milik enam negara bakal beradu super cepat di sirkuit Toba Lake, 180 juta penonton di seluruh dunia lewat chanel FOX dan Euro Sport serta 15 televisi internasional dan RCTI. ada puluhan ribu warga diprediksi saksikan langsung F1 SuperPowerBoat Championship berlisensi F1HO2 itu. 


Otak dari gelaran kolosal ini tidak lain dan tidak bukan pria kelahiran Tanjung Alam Tanah Datar Sumatera Barat Donny Oskaria  Dia dikenal sebagai pakar dan praktisinya  pariwisata massal Indonesia. 


Apa tujuan digelar F1 PowerBoat dan Danau Toba menjadi sirkuitnya, bahkan F1 PowerBoat Lake Toba ini adalah seri pembuka dari belasan seri F1H2O sepanjang 2023.


"Ini bagian dari usaha InJorney dan Pemerintah Indonesia terutama Bapak Presiden dan Bapak Menko Manivest untuk marketing kan Indonedia ke dunia," ujar Donny Oskaria berbincang dengan media ini, Rabu 22/2-2023 di Kaldera Nomandic Escape dengan pemandangan hamparan Danau Toba yang eksotik.


Iven kolosal kelas dunia ini menjadi bagian dari Kreatif Marketing untuk pronosikan suatu daerah. 


"Disaksikan 180 juta seluruh dunia ini bagian dari promosi daerah. Mempromosikan itu bagusnya dan tepat sekali dengan ivent kolosal seperti F1 PowerBoat Championship, ini" ujar Dony Oskaria.


Dan impact ekonominya kata Dony Oskaria pun sangat langsung dirasakan Indonesia, daerah dan masyarakat. 


"Sejak seminggu lalu semua hotel dan Balige dan Prapat sudah fuul book, sslain itu homestay di Toba ini juga sudah fulk book juga," ujad Dony Oskaria. 


Menariknya F1H2O di Toba ini menjadi acuan negara Asean lainnya, begitu Toba dapat lisensi gelar F1 PowerBoat, kini Singapura, Thailand dan Vietnam pun berebut untuk menjadi penyelenggaran F1 PowerBoat Championship. 


"Indonesia selalu menjadi acuan di negara se kawasan ini. Toba dipercaya F1H20 karena ada eksotik dan karekteristik budaya kuat di Balige ini, sehingga saat kita negoisasi dengan Mr Alex dari  F1H20 mereka tidak berpikir dua kali langsung bilang yes dan oke, Toba wondefully,"ujar Dony. 


Kunci sukses dari ivent besar itu untuk menduniakan sebuab daerah kata Dony Oskaria masyarkaat harus dilibatkan. 


"Besok , Jumat sampai Sabtu (24-26 Februari 2023) masyarkaat dari mana saja bisa menyaksikan belasan speeder PowerBoat adu skil dan kecepatan super boatnya dari pinggir Toba, itu masyarakat dilibatkan, penonton bayar itu ke masyarakat tidak ke kita (panitia)," ujar Dony.


Saat media ini menyusuri pitstop  partisipan F1 PowerBoat, Selasa kemarin, ada beberapa bendera negara terlihat seperti Amerika Serikat, Swedia, China dan beberapa klub dunia berbendera negara di Timur Tengah. 

"Ini hobbynya pasti kelas super 'sultan' semua, lihat boatnya aja tak tebayang berap harga rupiahnya tuh," ujar Handra warga yang menyaksikan superboat parkir di oit stop. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update