Notification

×

Indeks Berita

Presiden Jokowi Larang Penyelenggaraan Buka Bersama

Kamis, 23 Maret 2023 | Maret 23, 2023 WIB Last Updated 2023-03-23T12:58:32Z

padanginfo.com-JAKARTA- Presiden  RI Joko Widodo melarang penyelenggaraan buka bersama oleh aparatur negara,  mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah.

Larangan acara buka bersama ini terkait ancaman Covid-19. Namun larangan Presiden Jokowi ini ditantang oleh Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra. 

Arahan Jokowi tertuang dalam surat dengan kop surat  Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor R 38/Seskab/DKK/03/2023 tertanggal 21 Maret 2023 yang ditanda tangani oleh Pramono Anung. 

Surat edaran itu dikeluarkan terkait penanganan pandemi Covid-19 yang mana saat ini Indonesia sedang menuju masa endemi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui kanal youtube  menjelaskan,  surat itu ditujukan kepada aparatur negara. Apalagi saat ini sorotan kepada aparatur negara sedang gencar. 

Surat itu ditujukan kepada para Menteri, Jaksa Agung, Kapolri serta badan dan lembaga pemerintah. 


Dalam surat itu, Mendagri diminta untuk menindaklanjuti surat tersebut ke jajaran pemerintah daerah.


"Meskipun surat Seskab itu ditujukan kepada para pejabat pemerintahan, namun larangan penyelenggaraan buka puasa bersama itu tidak secara tegas menyebutkan hanya berlaku di internal instansi pemerintahan. Akibatnya, surat itu potensial 'diplesetkan' dan diperluas maknanya sebagai larangan buka puasa bersama di masyarakat." ujar Yusril melalui keterangan tertulis pada 23 Maret 2023. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update