Notification

×

Indeks Berita

Segmen Sianok bergerak, Bukittinggi 2 Kali Diguncang Gempa

Sabtu, 08 April 2023 | April 08, 2023 WIB Last Updated 2023-04-08T10:08:53Z
Foto video tangkapan layar netizen,  asap putih runtuhnya Ngarai Sianok. Terlihat  pengendara sepeda motor dan kenderaan  roda empat menghentikan perjalanannya. 

padanginfo.com- BUKITTINGGI-kota Bukittinggi diguncang gempa cukup kuat pada hari Sabtu 8 April 2023. gempa berkekuatan 4 5 MMI dan 3,9 MMI itu terjadi pada jam 12.21 dan 12.32 WIB. Akibat lainnya,  tebing Ngarai Sianok runtuh dan material pasirnya menutup jalan. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan,  episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,30° Lintang Selatan dan 100.28° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 kilometer arah barat laut Bukittinggi, Sumatra Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif segmen Sianok," ujar Daryono.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bukittinggi dengan skala intensitas IV MMI, yaitu getaran dirasakan banyak orang dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, jendela atau pintu berderik, dinding berbunyi, dan gerabah pecah

Dari pantauan jurnalis  padanginfo akibat kuatnya getaran gempa,  banyak warga yang berhamburan keluar dari dalam bangunan.  

Getaran gempa juga dirasakan di kota Padang Panjang,  Pariaman dan Padang. 

Pengunjung Mall Ramayana, satu-satunya mall di Bukittinggi,   yang berada di sisi timur Jam Gadang langsung berhamburan keluar begitu merasakan guncangan kuat,  lebih kurang 5 detik. Begitu merasa aman. Para pengunjung balik lagi ke mall berlantai 3 itu,  tapi 10 menit kemudian guncangan kuat terasa lagi. 

Suasana yang sama juga terlihat di sejumlah masjid. Karena waktu gempa saat shalat Zuhur akan dimulai

Akibat getaran yang dirasakan cukup kuat,  membuat tebing lembah Ngarai Sianok di kawasan Lambah runtuh. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kepolisian Kota Bukittinggi menutup sementara jalan dari Sianok ke Bukittinggi  ke  Gadang akibat material pasir yang longsor menutup badan jalan. (in).


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update