Notification

×

Indeks Berita

Waktu Tersisa Satu Minggu, Komisi II DPRD Sumbar Temukakan Berbagai Kekurangan Persiapan Penas Tani di Lanud TNI AU Tabing

Kamis, 25 Mei 2023 | Mei 25, 2023 WIB Last Updated 2023-05-24T18:38:18Z


Rombongan Komisi II DPRD Sumbar meninjau venue Penas Tani.

padanginfo.com -PADANG- Waktu kegiatan acara Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (disebut Penas Tani) ke 16 yang dipusatkan di Kota Padang tersisa satu pekan. Komisi II DPRD Sumbar yang membidangi Pertanian dan Perikanan mendesak panitia pelaksana masing-masing bidang  untuk bekerja lebih maksimal. Jangan sampai kegiatan berskala nasional ini tidak terselenggara dengan baik.


Peringatan itu disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Sumbar Moechlasin yang meninjau kesiapan venue acara pembukaan di Lanud TNI AU Sutan Sjahrir Tabing, Rabu 24 Mei 2023.


Dari pengamatan Moechlasin yang turun ke lokasi bersama anggota Komisi II lainnya serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar ditemukan hal yang harus digesitkan pekerjaannya. 


"Ini acara nasional yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Malu kita sebagai tuan rumah kalau kesiapan tak matang," kata politisi PKS itu.

“Ada beberapa hal yang menjadi perhatian jelang pembukaan Penas Tani ini. Mulai dari belum selesai bangunan utama tempat tamu VVIP berkumpul, infrastruktur pendukung, gelar teknologi hingga akses jalan menuju tempat pembukaan. Semua kita beri tenggat satu pekan,” ujar  Mochlasin.


Dia mengatakan, bangunan utama (Balai-balai) memiliki peran penting dalam pembukaan hajatan Penas Tani 2023 ini.  Di mana tempat itu akan diisi tamu-tamu VVIP, seperti Presiden , tamu negara lain dan undangan khusus lainnya.


 Sementara itu Syamsul Bahri, anggota Komisi II dari PDIP,  mengatakan, momentum Penas Tani yang diselenggarakan di Sumbar, harus ditangkap sebagai peluang mempromosikan potensi daerah. Namun pihaknya melihat masih ada ketidaksiapan panitia dalam penyelenggaraan.


Hal itu bisa dilihat dari kurang sosialisasi dan promosi di berbagai daerah. Hingga sekarang baliho Penas Tani saja belum banyak, padahal harus meriah.


"Di kabupaten/kota lainnya saja belum ada pemberitahuan melalui spanduk-spanduk atau segala macamnya. Padahal yang akan datang itu Presiden pada acara pembukaan, namun kemeriahannya belum terasa" kata Syamsul Bahri..


Dia berharap, Pemprov Sumbar  lebih serius lagi untuk mempersiapkan Penas Tani 2023. Kesuksesan perhelatan besar tersebut merupakan marwah Sumbar sebagai tuan rumah. 


"Jadi jawab kepercayaan pemerintah pusat itu dengan kesuksesan," tegasnya.


.Pelaksanaan Penas KTNA  ke XVI tahun 2013  dijadwal dari  10-15 Juni 2023.


Dari 34 provinsi di tanah air, 21 provinsi mengkonfirmasi hadir pada pelaksanaan Penas Tani di Kota Padang.

Sedangkan potensi peserta yang hadir ditargetkan sebanyak 35 ribu. Catatan panitia, yang sudahb registrasi baru 20.000 dan yang mengkonfirmasi hadir sekitar 9.000 orang.(in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update