Notification

×

Indeks Berita

Dekan Universitas Paramadina Raih Gelar Doktor di Universitas Indonesia

Kamis, 15 Juni 2023 | Juni 15, 2023 WIB Last Updated 2023-06-14T23:42:50Z
Ir Harry T.Y Achsan. Foto. Ist

padanginfo.com-JAKARTA- Ir. Harry T.Y. Achsan, M.Kom. berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Ekstraksi Kata Kunci dengan Metode Sainsmetrika dan Klasifikasi Label Banyak" dalam sidang promosi doktor di Ruang Sidang Lantai 4 Gedung Baru Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Depok, Selasa (13/6/2023)

Disertasi yang dipresentasikan oleh Ir. Harry T.Y. Achsan, M.Kom. mengusung topik yang relevan dalam bidang ilmu komputer dan informatika. Dalam penelitiannya, ia mengusulkan metode ekstraksi kata kunci yang inovatif menggunakan pendekatan sainsmetrika dan klasifikasi label banyak. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan keakuratan dan efisiensi dalam mengidentifikasi kata kunci yang relevan dalam dokumen.

Metode baru tersebut diuji pada dataset yang biasa digunakan peneliti untuk pengujian ekstraksi kata kunci seperti Semeval, Nguyen, dan Krapivin2019. Saat diuji menggunakan semua dataset tersebut, metode baru temuan Ir. Harry T.Y. Achsan, M.Kom ini menghasilkan kualitas paling bagus dibandingkan dengan 10 metoda ekstraksi kata kunci lain yaitu KPMiner, MultipartiteRank, PositionRank, RAKE, SingleRank, TextRank, TF-IDF, TopicalPageRank, TopicRank dan YAKE. Selain itu, hasil lain dari penelitiannya menghasilkan dataset baru dengan jumlah 3.229 metadata artikel ilmiah baru yang dapat digunakan oleh para peneliti lain.

Pada sidang promosi doktor tersebut, Ir. Harry T.Y. Achsan, M.Kom. yang juga Dekan Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina ini menyajikan temuan-temuan utama dari penelitiannya, yang melibatkan analisis data besar dan penerapan algoritma canggih. Metode yang diusulkan olehnya menunjukkan hasil yang mengesankan dalam mengidentifikasi kata kunci yang akurat dan relevan, dengan potensi untuk diterapkan dalam berbagai aplikasi seperti pengindeksan dokumen, pemrosesan bahasa alami, dan pengembangan sistem informasi.

Bertindak selaku promotor terdiri dari Prof. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D. dan Ir. Wahyu Catur Wibowo, M.Sc., Ph.D. dengan penguji Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo, Prof. Zainal Arifin Hasibuan, MLS, Ph.D., Prof. Ir. Dana Indra Sensune, M.LIS, Ph.D., Dr. Indra Budi, S.Kom, M.Kom, Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom, M.Kom.

Sidang promosi doktor Ir. Harry T.Y. Achsan, M.Kom. ini dihadiri oleh para profesor, peneliti, dan akademisi terkemuka di bidang ilmu komputer dan informatika. Para hadirin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kualitas penelitian dan presentasi yang disampaikan oleh Ir. Harry T.Y. Achsan, M.Kom.

Dengan berhasilnya sidang promosi doktor ini, Ir. Harry T.Y. Achsan, M.Kom. telah meraih gelar doktor di bidang ilmu komputer dari Universitas Indonesia.

Rektor Universitas Paramadina, Prof. Didik J. Rachbini, M.Sc., Ph.D turut menyampaikan apresiasinya "Selamat datang Doktor baru di jajaran pengajar Universitas Paramadina,  selamat dan sukses atas pencapaian akademik yang luar biasa ini semoga dapat mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan kita." Katanya. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update