Notification

×

Indeks Berita


Bachtiar Chamsyah: Penambahan Rombel di SMA Negeri Mematikan Sekolah Swasta di Sumbar

Kamis, 24 Agustus 2023 | Agustus 24, 2023 WIB Last Updated 2023-08-23T22:04:32Z

padanginfo.com-PADANG- Ketua Pembina Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah DR.H.Bachtiar Chamsyah, SE mengkritik kebijakan Gubernur Sumbar yang menambah rombongan belajar (rombel) baru di seluruh SMA dan SMK negeri di Sumbar setelah tahun ajaran 2023/2024 berlangsung. Akibatnya, banyak SMA dan SMK swasta yang kehilangan murid di tahun ajaran ini.

Pernyataan itu disampaikan mantan Menteri Sosial ini dalam sambutan pada peringatan 108 tahun Perguruan Adabiah, Rabu 23 Agustus di gedung serba guna Abdullah Ahmad, kawasan Jati Padang.

Dikatakan Bachtiar Chamsyah, penambahan rombel baru dilakukan setelah tahun ajaran baru 10 Juli 2023 dimulai. 

Melalui surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Drs.Barlius,MM,  tanggal 23 Juli 2023, diumumkan penambahan rombel di SMA dan SMK di Sumbar. Akibatnya, banyak murid yang sudah terdaftar dan telah belajar di sekolah swasta mengundurkan diri dan pindah ke negeri. 

"Ini kebijakan yang membunuh swasta. Saya sedih. Saya mendapat laporan ada sekolah (SMA) kehilangan murid. Harusnya Pemerintah ikut membantu swasta. Bukan dengan cara begini,"  kata putra Maninjau ini.

Ia berharap, tahun ajaran mendatang Pemprov Sumbar yang mengelolaSMA/SMK negerimemberi porsi untuk sekolah yang dibina swasta.

Terhadap siswa sekolah Adabiah, Bachtiar Chamsyah berpesan kepada pengurus selaku pengelola untuk meningkatkan kyalitas dan hasil akhir anak dalam menempuh pendidikan, di semua tingkatan.

"Kemampuan tahfiz, bacaan ayat, kemampuan berbahasa Inggris dan TOFLnya harus terukur," katanya.

Di sisi lain, Bachtiar menargetkan siswa SMA Adabiah secara bertahap dilatih juga untuk menjadi  khatib Jumat. 

Sebelumnya, Ketua Pengurus YSO Adabiah Drs.Aristo Munandar menyampaikan, peringatan 108 tahun Perguruan Adabiah mengambil thema "Sinergi dan Inovasi, Menuju Adabiah Unggul".

Dengan thema ini, jelas Aristo, ke depan  Perguruan Adabiah diharapkan menjadi sekolah unggul dengan lulusan berkualitas dan diterima banyak di perguruan tinggi negeri.

Aristo  memaparkan, lulusan dari dua SMA di Adabiah tahun ajaran 2022/2023 yang diterima di berbagai PTN ternama di Indonesia sebanyak 211 orang. Angka ini belum termasuk untuk sekolah kedinasan dan akademi yang ada di TNI dan Kepolisian.

"Ini lompatan luar biasa yang dihasilkan lulusan dua  SMA di Adabiah," sebut Aristo.

Tidak hanya untuk SMA, di unit sekolah TK, SD dan SMP,  peningkatan kualitas proses belajar mengajar juga ditingkatkan.

"Satu program unggulan kita adalah menjadikan siswa hafal Alquran secara bertingkat di jenjang pendidikannya," jelas Aristo.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar Drs.Suryanto, MPd menyebut, sebagai sekolah swasta terkemuka di Padang, Adabiah telah menjaga kualitas mutu pendidikan. Sehingga bisa melahirkan lulusan terbaik dan berkualitas.

Peringatan 108 tahun Perguruan Adabiah ditutup dengan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba di lingkungan sekolah, serta pemberian bingkisan kepada 5 orang guru yang lulus sebagai guru P3K. (ak).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update