Notification

×

Indeks Berita


Wawako Sawahlunto Hadiri Rakernas X Jaringan Kota Pusaka Indonesia di Semarang

Rabu, 23 Agustus 2023 | Agustus 23, 2023 WIB Last Updated 2023-08-23T13:25:24Z
 Zohirin Sayuti Hadiri Rakernas X jaringan kota wisata di Semarang. Foto.Ist

padanginfo.com-SAWAHLUNTO- Wakil Walikota Sawahlunto, H. Zohirin Sayuti, SE, menghadiri pelaksanaan Rapat Kerja Nasional X, Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang dipusatkan di Kota Semarang, Rabu (23/8/2023) dan akan berlangsung hingga 25 Agustus mendatang.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut:
- Wakil Gubernur Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen
- Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu
- Wali Kota Palembang yang juga sebagai Presidium JKPI, H. Harnojoyo
- Wali Kota Bogor sekaligus Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Bima Arya Sugiarto
- Seluruh anggota JKPI

Wakil Walikota Zohirin Sayuti menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan JKPI yang dipusatkan di Kota Semarang.

"Pelaksanaan Rakernas X JKPI di Kota Semarang menjadi pertukaran budaya, hingga edukasi dalam penguatan warisan budaya masing-masing kabupaten/kota di Indonesia," ungkapnya.

Kota Sawahlunto menjadi salah satu kota di Indonesia yang masuk dalam jaringan Kota Pusaka Dunia yang memiliki Warisan Kota Pusaka.

Dikatakannya, JKPI memiliki peran strategis dalam pelestarian kota pusaka. Sehingga ke depannya dapat mendukung terciptanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat setempat untuk menjaga keaslian dan keberlanjutan kota-kota pusaka.

Selain itu, pengembangan program dan inovasi, utamanya atraksi budaya yang mendukung pelestarian budaya dan pengembangan berkelanjutan di wilayah-wilayah juga penting dilaksanakan.

"Dalam Rakernas JKPI tahun ini selain membangun sinergitas, diharapkan dapat melindungi, melestarikan, dan mempromosikan warisan budaya, sejarah, dan arsitektur kota-kota pusaka di Indonesia dengan tetap menjaga keasliannya dan menjadi daya tarik wisata baru di masing-masing daerah," ujar Zohirin Sayuti.

Sementara Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti dalam sambutannya menyampaikan, Kota Semarang sebagai bagian dari JKPI merupakan kota yang memiliki kawasan cagar budaya dan/atau bangunan cagar budaya yang memiliki nilai penting. Hal ini menempatkan penerapan dan penataan pelestarian pusaka sebagai strategi utama pengembangan kota. (ril/ris1)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update