Notification

×

Indeks Berita


Perguruan Adabiah Siapkan Siswa Untuk Menjadi Mubalig, Khatib Jumat dan Imam Shalat

Kamis, 28 September 2023 | September 28, 2023 WIB Last Updated 2023-09-28T10:50:36Z
padanginfo.com-PADANG-Perguruan Adabiah kini sedang menyiapkan sejumlah siswanya untuk dididik menjadi kader mubalig,  khatib Jumat dan imam shalat. 

Persiapan kader itu telah dimulai dengan  telah dilaunchingnya kegiatan seiring peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,  Kamis 28 September 2023 di Masjid Raya Adabiah. 

Acara yang dihadiri oleh guru, karyawan,  dosen, seluruh murid dan siswa Perguruan Adabiah diisi dengan ceramah oleh Ketua Dewan Masjid (DMI) Kota Padang H. Maigus Nasir, M.Pd. 

Dalam tausyiahnya,  anggota DPRD Sumbar ini menyampaikan, setiap peringatan Maulid Nabi SAW selalu disampaikan agar umat meneladani sikap dan sifatnya. 

"Meneladani sikap dan sifat Nabi SAW ini penting sebagai pedoman hidup seorang muslim, " kata Maigus. 

Namun dalam kehidupan yang berjalan, ujar Maigus,  manusia banyak yang abai.  Menjalankan kehidupan jauh dari nilai-nilai keteladanan dari Nabi SAW. 

Apabila umat Islam tidak mawas diri, maka kita akan dilindas oleh perlakuan zaman. 

"Generasi kalian yang sekarang duduk di bangku SMA, akan menjadi generasi pemimpin bangsa di tahun 2045. Kita akan menerima bonus demografi. Bayangkan apabila kita mengabaikan diri. Kita akan dijajah oleh bangsa lain, " urai Wakil Ketua  Komisi I DPRD Sumbar. 

Ke depan, ujar Maigus,  sikap  dan keteladanan dari yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, menjadi ukuran  keberhasilan dalam hidup di dunia. 

Maigus menyebut,  tiga kunci yang perlu dipegang untuk bisa berhasil. Yakni menanamkan kejujuran, menegakkan  disiplin dan membangun komunikasi yang baik. 

Diujung tausyiahnya,  Maigus menyambut baik program yang dilakukan Perguruan Adabiah dalam menyiapkan kader mubalig,  khatib Jumat dan imam shalat. 

Ketua Pengurus Yayasan Syarikat Oesaha Adabiah, Drs. Aristo Munandar menyampaikan, launching kader mubalig,  khatib Jumat dan imam shalat merupakan harapan yang disampaikan Ketua Pembina YSO Adabiah Bachtiar Chamsyah sewaktu peringatan 108 tahun Perguruan Adabiah, ndak 23 Agustus lalu. 

Mantan Menteri Sosial era Presiden SBY itu meminta murid dan siswa Perguruan Adabiah yang memiliki talenta untuk itu dibina.  Sehingga kelak mereka bisa terjun ke masyarakat menjadi da'i dan imam shalat.  

"Anak-anak tidak saja hebat dari segi ilmu pengetahuan, diharapkan mereka juga menguasai ilmu agama (Islam) sebagai pondasi hidupnya" kata Bachtiar Chamsyah. 

Sebelumnya, Ketua Forum Guru Pendidikan Agama Islam (FG. PAI) Adabiah Rahmat Effendi Nasution,  S.Pdi melaporkan, siswa yang dipersiapkan untuk kader mubalig,  khatib Jumat  dan imam shalat  akan dilatih khusus dan diharapkan dalam tempo tiga bulan ke depan sudah bisa mempraktekkan ilmunya. 

Acara launching ditandai dengan penandatanganan prasasti kegiatan oleh Kepala Kemenag Padang diwakili Kasi Pekopontren Aidil Khurdiyansah,  S.Pd, Ketua Pengurus YSO Adabiah Aristo Munandar dan Maigus Nasir selaku Ketua DMI Kota Padang. (ak).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update