Notification

×

Indeks Berita

Aksi Gratis Bersih Karpet Masjid, LKAAM dan WPCD Sudah Bersihkan 300 Masjid dan Mushala di Padang

Senin, 11 Desember 2023 | Desember 11, 2023 WIB Last Updated 2023-12-11T08:19:13Z
Ketua Umum WPCD Aldi Yunaldi (kiri) bersama Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar Datuak Nan Sati menjelaskan kepada Ketua Pembina YSO Adabiah Bachtiar Chamsyah (baju batik) tentang cuci karpet masjid secara gratis di kota Padang, Senin 11/12/23.(Foto:Indra Sakti Nauli).

Padanginfo.com-PADANG
- Aksi gratis tanpa bayar  bersih-bersih karpet masjid dan mushala yang digagas  Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM,)  Sumbar  bersama Warga Padang Cinta Damai  (WPCD) telah membersihkan lebih kurang 300an masjid dan mushala di Kota Padang sejak satu tahun belakangan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum WPCD H.Aldi Yunaldi, SH, M.Si kepada padanginfo.com saat menyaksikan pembersihan karpet Masjid Raya Adabiah, Senin 11 Desember 2023.

Dikatakan Aldi, pembersihan karpet masjid secara gratis ini adalah bentuk kepedulian dan inisiasi LKAAM yang dipimpin Fauzi Bahar Datuak Nan Sati yang menggandeng WPCD selaku pelaksanaan di lapangan.

Aldi mengatakan, kegiatan ini murni ibadah tanpa embel-embel politik. Untuk membantu masjid dan mushala agar tikar  shalatnya   bersih. Dengan tikar shalat yang bersih, shalat terasa  nyaman. 

Selama ini, jelasnya, masjid dan mushala membersihkan tikar shalat dengan cara dicuci dan dikeringkan dengan sinar matahari.Dan ini memakan waktu lalu. Di sisi lain biayanya juga mahal. Karena dihitung per meter.

"Dengan mesin penghisap debu ini, tidak perlu dijemur. Semua debu dihisap oleh mesin. Debu kasar ke sini, debu halus ke sini,"  jelas Aldi menunjukkan operasional mesin pembersih karpet ini seraya menyebut di Sumatera hanya ada di Padang dan Palembang mesin pembersih karpet ini.

Untuk satu meter karpet memakan waktu 1 menit penghisapan. Adapun jumlah karpet masjid di Masjid Raya Adabiah sebanyak 20 gulung dengan panjang 30 meter

Bagi masjid dan mushala yang ingin dibersihkan karpetnya, kata Aldi,  dapat menghubungi  Sekretariat WPCD. Hanya untuk Kota Padang (in)









Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update