Notification

×

Indeks Berita

Ketua DPRD Sumbar Bicara tentang Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan

Jumat, 08 Desember 2023 | Desember 08, 2023 WIB Last Updated 2023-12-08T01:11:15Z

Bimtek peningkatan kapasitas pemangku kebudayaan dengan pembicara Ketua DPRD Sumbar



padanginfo.com- BUKITTINGGI-Ketua DPRD Sumatera Barat  Supardi menjadi pembicara pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan Kota Payakumbuh, Senin (4/12) di Hotel Tripletree, Bukittinggi. 

Pada paparannya,Supardi mengatakan.Banyak tantangan generasi muda dalam mengamalkan nilai adat dan budaya di zaman sekarang ini, banyak tantangan yang membuat generasi muda sulit memahami dan mengamalkan nilai adat dan budaya. Hal ini dikarenakan banyaknya terjadi pengalihan dari nilai-nilai tersebut, seperti konsumsi teknologi dan kecenderungan kebiasaan yang terbentuk dalam keseharian generasi muda.

Untuk itu,Supardi mengajak para peserta acara untuk menggencarkan gerakan menanamkan nilai adat dan budaya di tengah masyarakat. Terutama pada generasi muda yang merupakan penerus bangsa dan daerah.

“Generasi mudalah yang nantinya akan meneruskan kita, menjaga adat dan budaya serta memajukan daerah ini,” ujarnya.

Menurut Supardi, di zaman sekarang memang tidak mudah untuk menanamkan nilai adat dan budaya tersebut. Bahkan untuk memantau dan mengawasi kecederungan perilaku generasi muda juga cenderung tidak semudah dulu karena mereka lebih pandai menguasai teknologi dibanding orang yang lebih tua.

Bahkan, Supardi mengatakan, ada kecenderungan kebanyakan generasi muda tak lagi menghargai atau memahami berharganya nilai adat dan budaya.


“Ini kecenderungan yang terjadi hampir di 18 kabupaten/kota,” ujarnya.

Padahal, lanjut Supardi, bagaimana pun melesatnya perkembangan zaman, nilai adat dan budaya merupakan bekal yang amat berguna dalam mengarungi kehidupan. Tatanan adat dan budaya sudah terdesain menyelamatkan masyarakat dari berbagai permasalahan.

Salah satu contohnya dalam permasalahan anak kurang gizi atau stunting. Dalam nilai adat dan budaya Minangkabau, lanjut Supardi, sudah ada penataan tentang ketahanan pangan keluarga dan suku. Jika hal ini diterapkan permasalahan stunting sangat bisa dihindari.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update