Notification

×

Indeks Berita


Pemko Bukittinggi dan Kejaksaan Launcing Sekolah Adhyaksa

Kamis, 29 Februari 2024 | Februari 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-25T05:05:52Z


padanginfo.com - BUKITTIGGI – Launching Sekolah Adhyaksa Peningkatan SMP se Kota Bukittinggi, merupakan program kerjasama antara pemko Bukittinggi dengan Kejari Bukittinggi yang dilaunching langsung oleh Kajati Sumbar.


Launching Adhyaksa dilaksanakan di halaman SMPN 1 Bukittinggi, Rabu (28/2/2024).


Peresmian ditandai dengan pelepasan balon dan pemasangan salempang Duta Adhyaksa untuk SMP se Kota Bukittinggi oleh Kajati Sumbar yang didampingi Wakil kajati, Walikota Bukittinggi representasi sekdako, ketua DPRD Bukittinggi, Kapolresta, Dandim 0304/Agam, Kajari se Sumbar.


Walikota Bukittinggi Erman Safar yang diwakili Sekdako Martias Wanto menegaskan, sesuai visi misi kota Bukittinggi, diutamakan pendidikan untuk mencapai masyarakat yang berkarakter, ini sudah terpatri di sumbar bahwa Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.


“Di Bukittinggi kita sudah laksanakan bidang agama, budaya yang telah membentuk karakter dalam pendidikan alam budaya Minangkabau dan agama di dalamnya,” ujar Martias.


Ditambakan Martian, sekarang ditambahkan satu lagi kurikulum yakni Adhyaksa. Artinya, generasi mendatang akan lebih mengenali bidang adat, agama dan hukum.


Perlu diketahui, Bukittinggi merupakan kota bagi para pemikir pemikir bangsa terdahulu untuk menentukan arah Republik Indonesia, seperti Bung Hatta, Adam Malik, Awaluddin Jamil, Tan Malaka dan lain sebagainya. Artinya, secara keturunan dan moril orang Bukittinggi membentuk watak dan karakter kota ini.


Sementara itu, Kajati Sumbar Asnawi, SH. MH menegaskan, program ini kedepan bagaimana jaksa itu bisa masuk sekolah, inilah implementasi jaksa agung supaya anak dari usia dini dikenalkan berbagai pengetahuan tentang hukum.


“Banyak anak di bawah umur telah melakukan tindak pidana, namun mereka tidak mengetahuinya. Artinya, mereka tidak mengetahui ada ancaman hukumnya. Kenalilah hukum, jauhilah hukuman,” tegas Asnawi.


Kajari Bukittinggi Ferizal, SH. S.Hum mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya bersama Walikota Bukittinggi Erman Safar berbincang terkait kasus kasus yang ada di tingkat pelajar seperti bulliying, perundungan, tawuran termasuk narkotika yang dilakukan oleh pelajar. "Karena itu, kita dari Kejaksaan menggagas program ini," jelasnya.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update