Notification

×

Indeks Berita


Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang Cari Ketua dan Sekretaris

Sabtu, 11 Mei 2024 | Mei 11, 2024 WIB Last Updated 2024-05-11T12:30:24Z
Ketua Pelaksana Konferta ke-7 AJI Padang Fachri Hamzah



padanginfo.com-PADANG-Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang segera menggelar Konferensi Kota (Konferta) ke-7, pada 18 Mei 2024. Konferta ini menjadi yang pertama di Indonesia, usai Kongres ke-12 AJI di Palembang, 3-6 Mei lalu.

Ketua Pelaksana Konferta ke-7 AJI Padang Fachri Hamzah mengatakan, sebagai forum tertinggi di AJI Padang, Konferta akan memilih dan menetapkan Ketua dan Sekretaris AJI Padang periode 2024-2027.
"Periode jabatan ketua sekarang sebenarnya berakhir Maret lalu, tapi seluruh anggota sepakat memperpanjang hingga dua minggu usai kongres. Jadi selain memilih ketua dan sekretaris baru, akan ada sosialisasi hasil kongres dan perumusan Garis Besar Haluan Program,' ujar jurnalis Tempo itu. 

Panitia Konferta ke-12 AJI Padang menargetkan Ketua Umum AJI Nany Afrida dan Sekretaris Jenderal Bayu Wardhana hadir di Padang untuk mengikuti Konferta. 
"Kita sudah kirimkan surat pemberitahuan dan undangan kepada Kak Ketum dan Mas Sekjen, semoga beliau bisa hadir di Padang," ujar Fachri. 

Selain memilih pengganti Aidil Ichlas dan Zulfikar sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Padang, Konferta AJI Padang juga akan memilih Majelis Pertimbangan dan Legislasi (sebelumnya MPO) yang baru, menggantikan Gerson Saleleubaja, Febrianti dan Yuafriza. Selain itu juga akan dipilih anggota Majelis Etik dan Peradilan Organisasi (sebelumnya ME), yang kini ditangani oleh Hendra Makmur, Yonda Sisco dan Kautsar. 
"Bisa saja para majelis ini kembali duduk, atau bisa saja berganti. Kita tunggu saja bagaimana nanti prosesnya. Yang pasti dua majelis itu akan diisi oleh orang-orang yang berkompeten," ungkap Fachri. 

Ketua AJI Padang Aidil Ichlas mengatakan, hingga saat ini belum ada keinginannya untuk kembali maju memimpin  salah satu organisasi profesi jurnalis di Sumatera Barat itu. Ia justru mendorong para jurnalis muda untuk memimpin AJI Padang. 
"Nantilah, kita lihat dulu bagaimana prosesnya. Tapi saya berharap kawan-kawan lain, khususnya yang muda bisa memberi warna baru bagi organisasi ini. Sesuai dengan semangat 19 tahun AJI Padang, menguatkan generasi baru," ujar Aidil. 

AJI Padang merupakan organisasi jurnalis yang lahir pada 23 Januari 2005, yang konsisten memperjuangkan kemerdekaan pers, profesionalisme dan kesejahteraan jurnalis. Saat ini anggotanya berjumlah 44 orang, berasal dari berbagai platform media. Organisasi ini juga bagian Aliansi Jurnalis Independen yang berdiri pada 1994.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update