Notification

×

Indeks Berita


Diterapkan Lima Muatan Lokal bagi Pelajar Bukittinggi

Jumat, 31 Mei 2024 | Mei 31, 2024 WIB Last Updated 2024-06-03T09:23:36Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Pemerintah Kota Bukittinggi tahun ajaran 2023/2024 ini kembali menerapkan muatan lokal bagi pelajar SD dan SMP Negeri. Penerapan lima muatan lokal tersebut, BAM, Aqidah Akhlak, Fiqih, Bahasa Arab dan sejarah Islam.


Untuk memberikan materi muatan lokal khusus Budaya Adat Minangkabau (BAM), Pemko Bukittinggi berkolaborasi dengan Niniak Mamak, Tokoh Adat dan Bundo Kanduang. Bagaimana para pelajar diberikan materi tentang adat budaya Minangkabau, seperti, Kato Nan Ampek, Sumbang Duo Baleh dan panitahan.


Walikota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, tahun 2024 ini Pemerintah Kota Bukittinggi kembali menerapkan lima muatan lokal yakni, BAM, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab dan Sejarah Islam. Kelima muatan lokal itu diberikan untuk membekali generasi muda Bukittinggi dengan kekuatan iman yang dibalut dengan adat budaya Minangkabau yang sejalan dengan Agama Islam.


“Insya Allah, tahun ajaran 2023/2024 ini, penambahan muatan lokal pada pelajar SD dan SMP Negeri, tetap kita berikan. Kita juga tengah upayakan bagaimana setiap sekolah swasta di Bukittinggi juga terapkan muatan lokal ini. Disdikbud kita, sedang upayakan itu, dengan mengurus data pokok pendidikan ke Kementerian. Semoga ini berjalan lancar, sehingga Bukittinggi menjadi satu satunya daerah di Sumbar yang terapkan muatan lokal di SD, SMP negeri dan swasta,” jelasnya.


Pemko Bukittinggi telah memulai menerapkan muatan lokal Budaya Adat Minangkabau (BAM), Aqidah Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab dan Sejarah Islam, bagi pelajar SD dan SMP negeri sejak tahun ajaran 2021/2022 lalu. Program inisiatif Wali Kota Erman Safar, yang dapat penilaian positif dari masyarakat ini, terus dilanjutkan pada tahun ajaran 2022/2023 dan 2023/2024.


“Penambahan lima muatan lokal ini, pada prinsipnya diberikan untuk membekali generasi muda dengan adat dan agama, sekaligus untuk melestarikan kearifan lokal, yang tentunya akan bermanfaat pada diri mereka dalam menghadapi masa depan,” tegas Wako pula.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update