Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Tiga Nama Calon Sekdaprov Sumbar Akan Diserahkan ke Gubernur, Siapa yang Lolos?

Sabtu, 26 Juni 2021 | Juni 26, 2021 WIB Last Updated 2021-06-26T07:23:21Z

 

Kantor Gubernur Sumatera Barat (Foto.Dok)

padanginfo.com-PADANG- Teka-teki, siapa calon Sekdaprov Sumbar yang bakal ditetapkan? “Semua anggota pansel sejak Jumat hingga Sabtu bekerja menggabungkan nilai yang diperoleh sejak awal hingga tes wawancara kemarin. Kemudian, pansel melakukan rapat dan menyerahkan tiga nama dengan nilai tertinggi paling lambat hari Minggu kepada Gubernur sebagai PPK,” kata Hamdani, Ketua Pansel SEleksi calon SEkdaprov Sumbar, Sabtu malam


SEbelumnya, delapan Calon Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sumbar telah menjalani tes terakhir, yakni wawancara, di ruang rapat Istana Gubernur Sumbar, Jumat (25/6/2021).

Ketua Panitia Seleksi Sekprov Sumbar Hamdani menyebutkan tes wawancara berjalan dengan baik. Ini merupakan tes yang memiliki bobot nilai tertinggi dibandingkan tes sebelumnya.

“Bobot nilai presentasi dan wawancara 35%, kemudian ujian kompetensi 25%, penulisan naskah dan jejak rekam masing-masing 20%,” kata Hamdani yang juga Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Dalam seleksi ini, Hamdani sebagai Ketua Pansel bekerja menyeleksi calon bersama anggota pansel yang telah ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Mahyeldi Nomor 821/2477/BKD-2021. Yakni akademisi UNP Prof Sufyarma Marsidin, Profesional di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumbar Syarifuddin, akademisi Unand Prof Syukri Arief dan Efa Yonedi PhD, Akademisi UIN Imam Bonjol Padang Prof Mukhlis Bahar dan Dr Rahmawati.


Setelah itu, gubernur kemudian menyampaikan tiga nama calon dengan nilai tertinggi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi.

“Setelah mendapatkan rekomendasi KASN, gubernur menyerahkan berkas tersebut kepada presiden melalui Mendagri untuk mendapatkan Keputusan Presiden (Keppres),” jelas Hamdani yang sudah belasan kali memimpin pansel Sekprov di Indonesia.

Menurut Hamdani, para calon dalam setiap tahapan tes memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang pada satu tahapan nilainya tinggi, tapi di tahapan lainnya di bawah.

“Nah, nilai dari seluruh tahapan itulah yang dirangkum dan dijumlahkan pansel sebelum diserahkan tiga nama ke PPK,” kata mantan Penjabat Gubernur Sumbar dan Bali ini saat dialog live Padang TV, Sabtu malam (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update