Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kota Padang Langganan Banjir, DPRD Desak Pemko Bikin Master Plan Drainase

Jumat, 03 September 2021 | September 03, 2021 WIB Last Updated 2021-09-03T04:59:27Z

Walikota dan Ketua DPRD Padang (dok)

padanginfo.com-PADANG- Bila musim hujan datang, kawasan sejumlah titik di Kota Padang itu kerap menjadi langganan . Malah dampaknya, warga harus diungsikan ke tempat yang lebih aman. Fenomena ini tak bisa diabaikan, karena menyangkit keelamatan jiwa warga.

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mendesak Pemko  Padang merupakan daerah yang sering dilanda banjir. Menurutnya, Pemko Padang harus mengatasi dengan perencanaan yang baik, guna mengatasi masalah yang menjadi langganan banjir.

Dia mengatakan, penyebab Padang sering dilanda banjir karena belum memiliki master plan atau perencanaan induk tentang drainase yang terintegrasi antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Mengatasi itu, DPRD juga telah membahas dengan pihak terkait.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak terkait. Ada PUPR. Padang itu kelemahannya belum ada master plan tentang drainase yang terintegrasi di seluruh wilayah Kota Padang,” ujarnya di Padang, Kamis (2/9/2021).

Kemudian terang Syafrial, DPRD Padang mendorong dinas terkait untuk membuat master plan induk tentang drainase itu. Dengan demikian, pemerintah bisa melakukan penyelesaian secara bertahap.

Baca juga: BPBD Sebut Rusaknya Bendungan Sikayan Sebabkan Banjir di Koto Tangah Padang

“Dengan master plan induk, kita bisa memikirkan ide-ide. Dengan begitu, banjir di Kota Padang pun bisa di atasi,” tuturnya.

Menurutnya, jika ide sudah ada, namun tidak mampu Pemko Padang untuk mengeksekusinya, maka bisa dilakukan oleh pemerintah provinsi. Jika tidak mampu pula, pemerintah daerah bisa minta dana ke pusat.

Syafrial mengungkapkan, hampir setiap hujan lebat datang, banjir sering melanda sejumlah titik di Kota Padang. Akibat hujan yang melanda sejak sore hingga malam, sejumlah kawasan di Kota Padang mengalami banjir.

Sebagaimana diketahui, banjir kerap melanda di sejumlah titik di Kecamatan Koto Tangah, Kuranji, Nanggalo, Padang Barat, termasuk di komplek perumahan Jondul Rawang Padang Selatan. (ak)

×
Berita Terbaru Update