Notification

×

Indeks Berita

Wagub Sumbar Audy Dukung Remaja Masjid Bentuk Badan Usaha

Minggu, 30 Januari 2022 | Januari 30, 2022 WIB Last Updated 2022-03-15T02:53:10Z

 


 



Wagub Sumbar Audy Joinaldy memberi keynote speaker.

Padanginfo.com-PADANG-
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy berharap organisasi remaja masjid tidak sekadar untuk berkumpul. Tapi diminta juga remaja masjid ikut dalam kegiatan usaha.

“Saya akan mendrong dan mendukung, kegiatan apa yang bisa dilakukan adik-adik remaja untuk kegiatan usaha,” kata Wagub dalam gelaran kegiatan rapat koordinasi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-Sumatera Barat, Ahad 30 Januari 2022 di Padang.

Pada rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh Ketua Komisi 2 DPRD Sumbar, Arkadius, serta Ketua DPP BKPRMI Pusat Said Aldi Al Idrus, DPD-DPW BKPRMI se-Sumatera Barat secara khusus membahas upaya untuk menjadikan masjid sebagai pelopor kemandirian ekonomi masyarakat.

Wagub Sumbar memberikan motivasi mengenai peran remaja masjid sebagai agen perubahan menyongsong Indonesia Emas 2045.

Menurut Audy remaja masjid harus mampu menjadi agent of change yang mampu beradaptasi, berinovasi dan menghadirkan perubahan di berbagai bidang.

"Remaja mesjid adalah pemuda-pemudi calon pemimpin. Kepemimpinan itu tidak lahir sendiri, tapi diciptakan lewat latihan kecerdasan emosi, kesadaran dan kerendahan hati, serta kejujuran dan disiplin," kata Audy.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendorong pemuda untuk semakin inovatif dan berdaya mandiri lewat program unggulan 100 ribu millennial entrepreneur, maupun bantuan bagi kelompok usaha. Program ini tentunya juga dapat diakses remaja masjid tanpa terkecuali, selama sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

"Selain adaptif, pemimpin juga harus inovatif dalam menyongsong masa depan. Misalnya dengan berinovasi membentuk divisi usaha remaja masjid, mewadahi kelompok tani, kelompok ternak, nelayan. Jadi Masjid selain sarana ibadah, juga menjadi pusat kreativitas dan pengembangan ekonomi," ujar Audy yasng berlatar pengusaha pakan ternak ini.

Ketua Komisi 2 DPRD Sumbar, Arkadius selaku ketua Dewan Penasehat BKPRMI Sumbar mengatakan, remaja mesjid maupun pemuda pada umumnya, memegang peran sangat strategis dalam pengembangan dan pembinaan umat. Tak hanya dalam perspektif kajian Islam, dalam perspektif pemerintah, ia mengatakan negara melalui UU no. 41 Th. 2009 juga mengatur agar pemuda harus didorong ke arah 3 kondisi, yaitu kepemimpinan, kepeloporan, dan  kewirausahaan.

Secara khusus mengenai kewirausahaan remaja masjid tersebut, Arkadius mendorong DPW BKPRMI untuk segera mengukuhkan DPD di seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Dengan begitu BKPRMI diharapkan mampu menjadikan masjid bukan hanya sebagai pusat ibadah, tetapi juga information center yang mewadahi masyarakat setempat untuk membentuk kelompok-kelompok usaha.

Demikian Siaran Pers yang disampaikan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Pemprov Sumbar. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update