Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Bhakti PAA ke Almamater, 45 Dokter Muda FKG Unand Periksa Gigi 375 Orang Murid SD Adabiah

Kamis, 24 Maret 2022 | Maret 24, 2022 WIB Last Updated 2022-03-24T16:35:34Z


 

Para dokter muda FKG Unand sedang melakukan pemeriksaan gigi murid SD Adabiah.

Padanginfo.com-PADANG
-Perkumpulan Alumni Adabiah (PAA) melakukan kegiatan bhakti alumni. Bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, sebanyak  375 orang murid SD Adabiah diperiksa kesehatan giginya oleh 45 orang dokter muda dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, Kamis, 24 Maret 2022. Mereka didampingi oleh 35 orang dosen.


Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas Dr.Drg. Nila Kusuma, M.Biomed mengatakan, kegiatan pemeriksaan gigi anak ini hal yang sangat penting untuk kesehatan anak. Sebab, selama ini banyak yang mengabaikan persoalan kesehatan gigi.


“Kebersihan gigi dan kebersihan rongga mulut adalah sangat penting dijaga. Karena rongga mulut yang tidak bersih akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap atau Halitosis. Ini juga akan mengganggu kepada pergaulan.


“Halitosis adalah bau mulut tidak sedap merupakan parameter kesehatan seseorang,” kata Nila.


Oleh karena itu, jelas Nila, pemeriksaan dan perawatan gigi perlu dilakukan secara kontinyu. Sebab, apabila kesehatan gigi dan rongga mulut diabaikan, bisa berdampak kepada fungsi lainnya di dalam tubuh...

Karena itu, jelasnya, menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat penting dan harus dijaga sejak usia dini. Halitosis tidak tampak di dalam diri kita, tetapi selalu terasa oleh orang-orang di sekitar kita dan dapat mengganggu orang-orang sekitar apabila aromanya tercium.


Wakil Ketua Pengurus YSO Adabiah Drs. Nasir Ahmad yang membuka kegiatan, menyambut baik pemeriksaan  gigi murid kerjasama PAA dengan dokter muda FKG Unand.

 

Dikatakan, dalam hubungan antar manusia, gigi dan mulut perlu dirawat. Bau yang tidak sedap yang keluar dari mulut, akan mengganggu dalam berkomunikasi secara langsung.


Sebelumnya Ketua I PAA Dr.Afriadi, M.Si melaporkan, pemeriksaan gigi dan mulut terhadap murid SD Adabiah dikarenakan banyak di antara anak-anak usia dini yang mengabaikan kesehatan giginya. Kegiatan ini merupakan bagian dari bhakti PAA terhadap almamater. Pemeriksaan  hanya bersifat tahap awal. Hasil pemeriksaan dijadikan rekomendasi kepada orang tua anak untuk melanjutkan tindakan  perawatan gigi anak mereka apabila memang perlu dilakukan tindakan.. (ak).

 

 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update