Notification

×

Indeks Berita

Anak Tak Buang Air Kecil Waspada Gejala Awal Gangguan Ginjal Akut

Minggu, 23 Oktober 2022 | Oktober 23, 2022 WIB Last Updated 2022-10-23T04:25:46Z

 



Anak tak buang air kecil menjadi gejala awal gangguan ginjal akut.Foto/Getty Images

padanginfo.com
-JAKARTA - Anak tak buang air kecil bisa menjadi gejala awal gangguan ginjal akut . Selain itu, orang tua harus waspada jika jumlah urine anak semakin sedikit. Gejala lain yang juga perlu diwaspadai adalah warna urine berubah menjadi pekat dan kecoklatan. 


Orang tua diminta segera melakukan pemeriksaan jika anak tidak buang air kecil sama sekali selama 6-8 jam saat siang hari. "Orang tua harus selalu hati-hati, pantau terus kesehatan anak-anak kita," kata Plt. Direktur Pelayanan Kesenatan Rujukan dr. Yanti Herman, MH. Kes melalui siaran resminya, Minggu (23/10/2022). 

Anak dengan gangguan ginjal akut juga sering mengalami diare, mual ,muntah, demam selama 3-5 hari, batuk, pilek. Kondisi ini biasanya disertai dengan sering mengantuk. 


"Jika anak mengalami keluhan yang mengarah kepada gagal ginjal akut segera konsultasikan ke tenaga kesehatan. Jangan ditunda atau mencari pengobatan sendiri," jelas dr. Yanti. 


Sementara itu, jumlah kasus gangguan ginjal akut pada anak hingga Jumat, 21 Oktober 2022 dilaporkan menembus 241 orang, 133 di antaranya meninggal dunia. Di mana dari jumlah tersebut, 69 anak di 20 provinsi di Indonesia telah dinyatakan sembuh. 


Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menyebut ini berkat cepatnya penanganan sebelum gejala menjadi lebih serius. “Yang gagal ginjal akut itu yang meninggal 133. Tetapi ada yang selamat juga sekitar 69 itu pernah masuk survey gagal ginjal tetapi dengan pertolongan yang cepat, karena tadi mungkin tidak sampe masuk Anuria," ujar Syahril. 


"Ya istilahnya tidak bisa buang air sama sekali, itu penanganannya cepat dari rumah sakit,” tandasnya.(sindonews.com)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update