Notification

×

Indeks Berita

Hotel Balairung Milik Pemprov Sumbar 10 Tahun Tak Beri Kontribusi pada Kas Daerah, Ini Kata Komisi III

Rabu, 30 November 2022 | November 30, 2022 WIB Last Updated 2022-11-30T03:31:29Z

 



Komisi III DPRD Sumbar studi komparati ke Grand Hotel Preanger Bandung, menyusul hotel Balairung milik pemrop  Sumbar tekorterus selama 10 tahun

padanginfo-
BANDUNG-Ketua Komisi III DPRD Sumbar Ali Tanjung mengatakan Hotel Balairung milik Pemprov Sumbar yang terletak di Jalan Matraman Jakarta tidak pernah memberikan kontribusi deviden pada kas daerah selama 10 tahun. Untuk itu, pemprov didesak  melakukan kerjasama dengan pihak ketiga


"Hotel Balairung merupakan salah satu BUMD Sumbar, selama 10 tahun belum pernah memberikan kontribusi deviden pada kas daerah, sangat disayangkan belum ada tindakan apa-apa dari Pemprov Sumbar," ujar Ketua Komisi III DPRD Sumbar Ali Tanjung saat Studi Komparatif ke Grand Hotel Preanger Bandung, Selasa (29/11).


Ali Tanjung membandingkan, Hotel Preanger Bandung milik Pemprov Jawa Barat (Jabar) total asetnya sebesar Rp 200 miliar, ternyata  hotel tersebut menyumbang Rp 29 miliar per tahun untuk kas daerah. Untuk itu, pola pengelolaan Hotel Preanger harus dicontoh oleh Pemprov Sumbar. "Berbanding terbalik dengan Balairung yang 10 tahun tidak memberikan deviden pada Pemprov Sumbar," katanya.


Dia mengatakan, dari hasil studi komparatif Komis III DPRD Sumbar yang  dilakukan dari tanggal 27 hingga 30 November 2022 di Jabar, diharapkan Pemprov melaksanakan rekomendasi agar pengelolaan Balairung segera dipihak ketigakan.


Dia juga menyorot langkah Pemprov Sumbar yang mengangkat Kepala Biro Perekonomian menjadi komisaris hotel tersebut, bagaimana nanti kinerjanya sebagai pembina dan pengurus BUMD, namun juga terlibat dalam pengelolaan Balairung, tentu akan berdampak buruk terhadap kinerja komisaris. 


"Dengan jabatan  tersebut, Kepala Biro Perekonomian tentu juga menerima gaji, namun sayang hotel itu tidak pernah untung," katanya.


Studi Komparatif Komisi 3 DPRD Sumbar ini dipimpin oleh Ali Tanjung Ketua Komisi dan diikuti Anggota: Ismunandi Sofyan - Gerindra, Zarfi Deson - Golkar, Dodi Delfi - PAN, Jasma Juni Datuk Gadang - Gerindra, Ahmad Rius - PAN, Asra Faber-PKS & Nofrizon - Fraksi Partai Demokrat.(in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update