Notification

×

Indeks Berita

Dukung Edukasi Internet, Facebook Luncurkan Program 'Asah Digital'

Sabtu, 23 November 2019 | November 23, 2019 WIB Last Updated 2019-11-23T02:40:33Z
padanginfo.com - JAKARTA - Dalam rangka memberikan edukasi terkait penggunaan internet untuk masyarakat Indonesia, Facebook hari Rabu (20/11/2019) meluncurkan sebuah program bernama " Asah Digital".

Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar panduan memanfaatkan internet dengan baik sekaligus memberikan keterampilan keamanan data di ranah online kepada seluruh lapisan masyarakat, mulai dari guru, pelajar, hingga para orang tua.

"Asah digital bertujuan untuk meningkatkan kesadaran literasi digital masyarakat Indonesia secara luas," ujar Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari di panggung acara Asah Digital yang digelar di kawasan Jakarta, Rabu (20/11/2019).


Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate yang turut hadir dalam acara memberikan apresiasi atas program Facebook ini.

"Facebook mengambil bagian untuk melakukan kegiatan literasi digital dari usia-usia yang dini sampai yang telah biasa menggunakan internet, agar penggunaan sosial media itu dilakukan dengan cerdas, secara tepat, dan bermanfaat," kata Johnny, seperti dikutip kompas.com

Roadshow ke 12 provinsi

Melalui program Asah Digital, Facebook bekerjasama dengan komunitas Siberkreasi, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk membuat berbagai modul sebagai sumber pembelajaran etika berperilaku di ranah online.

Ada enam modul pembelajaran yang telah disiapkan oleh Facebook dan para mitranya. Keenam modul ini hadir dalam 10 bahasa berbeda dan bisa diunduh secara gratis di situs Asah Digital.

Di dalamnya, keenam modul tersebut membahas berbagai topik terkait perilaku berselancar di dunia maya, mencakup pembahasan umum tentang internet, keamanan data di dunia maya, hingga perilaku kritis untuk mengenali beragam berita hoaks di ranah siber.

Program Asah Digital sendiri bakal dilancarkan oleh Facebook antara lain melalui roadshow sepanjang tahun 2020. Roadshow Asah Digital rencananya akan digelar di 12 provinsi di seluruh Indonesia.

Pihak Facebook tidak menjelaskan provinsi mana saja yang akan disambangi program tersebut. Namun, mereka memastikan bahwa Asah Digital tidak akan terpusat di kota-kota besar saja. "Tidak tersentralisir di Jakarta, tapi di kota-kota satelit juga," jelas Ruben.

Asah Digital merupakan bagian dari program global Facebook yang bertajuk "We Think Digital" yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Nantinya, program ini akan melatih sebanyak 2 juta orang di 10 negara di Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Asah Digital, silakan kunjungi laman Facebook di tautan berikut.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update