--> Pare Dapat Mengobati Diabetes Hingga Malaria | Padang Info |

Pare Dapat Mengobati Diabetes Hingga Malaria

PARE atau bitter melon dalam bahasa inggris merupakan saudara jauh dari buah melon yang biasa kita kenal. Tanaman asli Asia ini awalnya d...

PARE atau bitter melon dalam bahasa inggris merupakan saudara jauh dari buah melon yang biasa kita kenal. Tanaman asli Asia ini awalnya dibudidayakan di seluruh India, kemudian dikirim ke Tiongkok pada abad ke-13.

Sejak itu, pare menjadi populer dan sekarang digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara, Afrika, dan Kepulauan Karibia.

Rasa pare sendiri sebenarnya cukup pahit, namun inilah yang membuatnya istimewa. Pada kenyataannya, banyak yang suka dengan rasa uniknya. Yang lebih menarik lagi, seperti dikutip dari esensi.id adalah manfaat pare untuk kesehatan. Pare banyak digunakan dalam pengobatan tradisional dan ayurveda untuk mengobati berbagai jenis penyakit, dari mengeringkan luka, membantu pencernaan dan fungsi hati, hingga menyembuhkan diabetes.
Manfaat pare untuk kesehatan

Diabetes merupakan penyakit yang terkenal menakutkan untuk semua kalangan. Terlebih, antara tahun 2010 dan 2030, diestimasi akan ada peningkatan jumlah penderita diabetes di negara berkembang sebesar 69 persen dan kenaikan sebesar 20 persen di negara maju. Walaupun banyak obat tersedia untuk mengobati diabetes dan pradiabetes, banyak dari obat tersebut memiliki efek samping. Potensi pemanfaatan pengobatan tradisional dan intervensi nutrisi sebenarnya sangat besar untuk membantu mengobati diabetes dengan efek samping yang minim.

Walau kecil, pare adalah buah yang sangat berkhasiat. Tinggi dengan fitonutrien dan vitamin, pare merupakan sumber vitamin C, A, E, dan B (termasuk folat dan B2). Selain itu, pare mengandung senyawa penting seperti kalium, zat besi, magnesium dan seng atau zinc. Jika kamu merasa semua itu belum cukup, pare juga sumber antioksidan yang tinggi. Kemampuan mengobati buah tersebut datang dari kelas antioksidan seperti fenol, flavonoid, isoflavon, terpena, antrakuinon, dan glukosinolat yang  juga berkontribusi pada rasa pahitnya.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok atau traditional Chinese medicine (TCM), pare sering digunakan untuk pengobatan diabetes. Komponen utama pare yang dikaitkan dengan efek anti-diabetes disebut chantarin, polypeptide-p, dan vicine. Teorinya, saat dicerna, bahan kimia tersebut bekerja layaknya insulin dengan membantu tubuh menyerap gula darah ke dalam sel dan menyimpannya dalam otot dan lemak. Walau terdengar sangat menjanjikan, penelitian pada hubungan antara pare dan diabetes masih agak bertentangan. Masih banyak bukti diperlukan mengingat bahwa dosis yang diperlukan untuk mencapai efek anti-diabetes cukup tinggi.

Manfaat pare untuk kesehatan tidak hanya terbatas pada efek anti-diabetesnya. Dalam TCM, tanaman ini diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, anti-mutagen, dan penurun kolesterol. Buah, daun, batang, dan akar semuanya digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, bisul, batu ginjal, penyakit hati, kanker, infeksi, psoriasi, masalah menstruasi, serta infeksi dan luka pada kulit.

Pare diyakini memiliki sifat antivirus dengan merangsang sistem pertahanan tubuh dan melawan infeksi, serta sifat antelmintiknya sering dimanfaatkan dalam obat tradisional untuk malaria. Walaupun banyak manfaat yang diakui tersebut tidak banyak didukung secara ilmiah, pare masih layak untuk kamu pertimbangkan sebagai bagian kesehatan secara menyeluruh.

Bagaimana cara efektif mendapatkan manfaat pare tersebut?

Pare dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Untuk kebutuhan pengobatan, pare biasanya tersedia dalam bentuk kapsul suplemen dan jus. Suplemen tersebut merupakan bentuk ekstrak konsentrat tinggi dari biji pare dan banyak dijual secara bebas di pasaran. Individu dengantingkat gula darah yang rendah harus berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen tersebut, karena potensi efek samping dari kandungan pare yang meniru insulin tubuh kamu. Cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi atau dokter untuk memastikan tidak terjadi kontraindikasi.

Saat memasak menggunakan pare, efek obatnya cenderung lebih lemah, karena beberapa nutrisinya ikut hilang dalam proses memasak, walaupun masih ada manfaat kesehatan yang bisa diambil. Di India, pare biasanya dimasak dalam bentuk kari atau dijadikan acar. Sementara dalam masakan Tiongkok, pare bisa digoreng dengan telur atau daging untuk mengurangi rasa pahit yang mungkin tidak cocok dengan selera sebagian besar orang.(ris)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,9,agam,57,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,116,bisnis,161,budaya,41,bukittinggi,79,daerah,244,dharmasraya,140,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1978,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,2,hukrim,155,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,26,K,1,kabupaten solok,30,keamanan,1,kesehatan,224,ko,1,kota,254,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,3,lingkungan,38,mentawai,28,nasional,77,olahraga,38,opini,28,organisasi,4,ormas,4,padang,439,padang pariaman,52,padang. kota,1,padangpanjang,22,pariaman,62,pasaman,22,pasaman barat,15,payakumbuh,32,peduli,40,pendidikan,204,perdagangan,3,peristiwa,9,pertanian,4,pesisir selatan,89,pikada,1,Pilkada,316,politik,121,prestasi,5,sawahlunto,242,sijunjung,47,solok,22,solok selatan,6,solok selatan,13,tanah datar,31,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Pare Dapat Mengobati Diabetes Hingga Malaria
Pare Dapat Mengobati Diabetes Hingga Malaria
https://1.bp.blogspot.com/-rcidl1qf5c4/Xk4ZFcuZplI/AAAAAAAADSw/SFDYfBqVCecarQRYPZ2JhL8kVDcODCl-gCLcBGAsYHQ/s400/pare.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-rcidl1qf5c4/Xk4ZFcuZplI/AAAAAAAADSw/SFDYfBqVCecarQRYPZ2JhL8kVDcODCl-gCLcBGAsYHQ/s72-c/pare.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2020/02/pare-dapat-mengobati-diabetes-hingga.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2020/02/pare-dapat-mengobati-diabetes-hingga.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy