Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Akibat Corona, Pasar Tanah Abang Mulai Jumat Besok Tutup

Kamis, 26 Maret 2020 | Maret 26, 2020 WIB Last Updated 2021-12-31T08:55:18Z
Pasar Tanah Abang tutup mulai Jumat besok. Penutupan untuk mencegahan peneybabran virus coron (foto alinea.id)
padanginfo.com-JAKARTA- Perumda Pasar Jaya bakal menutup sementara seluruh pasar yang berada di kawasan Tanah Abang di tengah penyebaran virus corona. Penutupan akan mulai dilakukan pada 27 Maret hingga 5 April 2020 mendatang.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengungkapkan kawasan yang akan ditutup adalah Pasar Tanah Abang Blok A, Blok B, dan Blok F. Sementara, untuk Blok G tetap dibuka secara terbatas.

Keputusan ini diambil demi mencegah penyebaran virus corona di dalam negeri. Apalagi, jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang selalu meningkat tajam jelang Ramadan.

Oleh karena itu, Arief menyatakan pihaknya perlu mengambil langkah tegas untuk membatasi jumlah pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang jelang Ramadan tahun ini.

Lihat juga: Cegah Corona, Mal Kota Kasablanka Tutup Sementara
Apalagi, pengunjung Pasar Tanah Abang bukan hanya dari Jakarta, tapi juga daerah lain dan turis asing.

"Ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran Covid 19 (virus corona), kecuali di Blok G, boleh berjualan khusus bahan pangan saja," ujar Arief dalam keterangan resmi,  seperti dilansir CNNI, Kamis (26/3).

Sementara, Arief menyatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan seluruh pedagang di Pasar Tanah Abang dalam mengambil langkah untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Ia mengklaim pedagang sepakat untuk menutup sementara beberapa blok di Pasar Tanah Abang.

Lihat juga: Daftar Mal Tutup Karena Corona, dari Summarecon hingga Senci
"Kami sampaikan beberapa hal untuk ada pengertian bersama antara para pedagang dan juga manajemen. Untuk ini, baik pedagang dan manajemen sepakat menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut," jelas Arief.

Sebelumnya, sambung dia, manajemen telah melakukan sejumlah langkah untuk mengurangi penyebaran virus corona di Pasar Tanah Abang. Salah satunya dengan mengukur suhu tubuh seluruh pedagang dan konsumen di pintu masuk Pasar Tanah Abang.

Bagi yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat, maka dilakukan penanganan khusus. Kemudian, Perumda Pasar Jaya juga membatasi pintu akses ke dalam Pasar Tanah Abang.

"Di setiap pintu masuk pasar juga telah disiapkan hand sanitizer bagi pedagang dan masyarakat yang akan masuk ke dalam area pasar," terang Arief.

Sejak wabah ini telah merebak suasana di pasar Tanah Abang sontak lengang. Tidak terlihat banyak hiruk pikuk jual beli seperti hari biasanya.

Seperti yang disampaikan Lasmawati,  salah seorang pedagang pakaian jadi Batik yang tokonya berada di Blok A lantai 2, melalui pesan singkat wattsap.

" Sejak wabah corona sampai ke Indonesia drastis pasar ini sepi, tidak satu duapun dagangan laku, seharusnya bulan ini pembeli daerah sudah masuk " sebutnya.

" Tadi saya membaca pesan di group wattsap pedagang, bahwa mulai esok hari Jum' at tanggal 27 Maret sampai tanggal 5 April 2020 untuk pedagang yang berada diblok A, B dan F tutup dulu, kecuali pedagang khusus pangan yang ada di Blok G tetap berjualan seperti normal " ia menambahkan

Pedagang berharap wabah ini cepat selesai dan aktivitas dapat dilakukan seperti sediakala. Mengingat Bulan Suci Ramadhan juga akan tiba. (Mul/ Nof)
×
Berita Terbaru Update