Notification

×

Indeks Berita

Bank Permata Segera Diakuisisi Bangkok Bank

Sabtu, 07 Maret 2020 | Maret 07, 2020 WIB Last Updated 2021-12-31T08:55:18Z
padanginfo.com - JAKARTA - Rapat Umum Pemegang saham Bangkok Bank Pcl menyetujui perusahaan mengakuisisi 89,12 persen saham PT Bank Permata Tbk (BNLI) milik Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk (ASII).

Persetujuan tersebut diperoleh setelah Bangkok Bank menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Thailand, Kamis (5/3/2020).

Berdasarkan resolusi RUPSLB, sebanyak 85,46 persen pemegang saham Bangkok Bank menyetujui akuisisi saham Permata, 14,34 persen tidak setuju, dan 0,2 persen abstain.

Dengan persetujuan pemegang saham yang solid tersebut, Bangkok Bank kini siap mengambil langkah maju untuk mengakuisisi keseluruhan saham Permata.

Setelah memperoleh restu pemegang saham, Bangkok Bank akan meminta persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Bank of Thailand (BOT) dan menggelar penawaran tender wajib (mandatory tender offer).

Director and Executive Vice President Bangkok Bank, Thaweelap Rittapirom menjelaskan, perseroan akan mengintegrasikan kantor cabang di Indonesia dengan Permata setelah proses akuisisi selesai. Persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan akan selesai akhir April 2020.

“Ini sejalan dengan Rencana Akuisisi yang sudah dipublikasikan di media pada Maret 2020,” kata Rittapirom dalam keterangan resmi, Sabtu (7/3/2020), seperti dikutip kompas.com.

Berdasarkan Dokumen Rencana Akuisisi tersebut, Bangkok Bank juga memastikan perusahaan tidak berencana mengakuisisi bank lain di luar Bank Permata. Adapun integrasi kantor cabang Bangkok Bank di Indonesia ke Bank Permata akan dilakukan setelah proses penawaran tender wajib selesai.

Di Indonesia, Bangkok Bank mengoperasikan tiga kantor cabang masing-masing di Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Sebelumnya, President Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich menyatakan transaksi ini diharapkan dapat menciptakan profitabilitas bagi perusahaan dan meningkatkan nilai para pemegang saham dalam jangka panjang.

Menurut dia, akuisisi Permata sejalan dengan strategi perusahaan agar menjadi bank regional terkemuka.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update