Notification

×

Indeks Berita

Berjemur Pagi Guna Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini Panduannya

Selasa, 31 Maret 2020 | Maret 31, 2020 WIB Last Updated 2020-03-31T03:13:15Z
padanginfo.com - Meningkatkan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan berjemur di pagi hari. Tubuh yang imun tidak mudah terserang virus corona.

Masyarakat pun bingung jam berapa harus berjemur sinar matahari pada pagi hari. Ada yang bilang jam 08.00 WIB, ada yang bilang jam 10.00 WIB.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal,  ini tips berjemur sinar matahari pagi:

1. Berjemur  Idealnya Jam 8-11

Ahli kanker dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, menyatakan, idealnya berjemur sinar matahari pagi idealnya jam 8 hingga pukul 11. Sebab paparan provitamin D pada waktu-waktu tersebut lebih dominan dibanding ultraviolet.

2. Jangan Lama-lama

Masih menurut dr Andhika, durasi berjemur jangan lama-lama. Cukup selama 30 menit, kamu bisa mendapatkan manfaat sinar matahari.

3. Jangan Pakai Topi

Dr Andhika menyebut, agar mendapat sinar matahari maksimal, cukup dengan mengenai 60 persen luas permukaan tubuh. Kamu bisa mengenakan baju lengan pendek, celana pendek, tanpa penutup kepala atau topi, payung, atau tidak perlu telanjang.

4.Pakai Kacamata Hitam

World Health Organization (WHO) menyarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berjemur sinar matahari pagi . Kacamata hitam yang menyediakan 99 hingga 100 persen perlindungan UV-A dan UV-B akan sangat mengurangi kerusakan mata dari paparan sinar matahari.

5. Gunakan Tabir Surya

Oleskan tabir surya saat berjemur. Hal ini agar kulit tetap sehat saat terpapar sinar matahari.

6. Lakukan Kegiatan Lain

Agar tidak membosankan, berjemurlah sambil melakukan kegiatan lain di bawah sinar matahari. Seperti membaca buku berbicara dengan keluarga yang sedang berjemur.

7. Minum Air Putih

Saat berjemur sinar matahari pagi, tubuh mengalami dehidrasi. Jangan lupa untuk tetap minum air putih agar tubuh tetap fit.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update