Notification

×

Indeks Berita

Inna Heritage Ombilin Hotel di Sawahlunto Segera Beroperasi

Sabtu, 03 Oktober 2020 | Oktober 03, 2020 WIB Last Updated 2021-12-31T08:55:18Z

Inna Heritage Ombilin Hotel di Sawahlunto yang akan segera beroperasi

padanginfo.com - SAWAHLUNTO - PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau Hotel Indonesia Group (HIN) siap merealisasikan kesepakatannya dengan  PT Bukit Asam Tbk sebagai operator Inna Heritage Ombilin, yang akan memanfaatkan aset-aset perusahaan tambang tersebut menjadi hotel bintang tiga di Sawahlunto Sumatera Barat.

 Sesuai  rencana, pihak Hotel Indonesia Group (HIG) berencana me-launching pengoperasiannya pada tanggal 6 Oktober 2020 nanti. Sebelumnya hotel ini bernama Hotel Ombilin dibawah menajemen HIG berganti nama jadi Inna Heritage Ombilin Hotel.

Demikian disampaikan oleh Direktur Utama/CEO Inna Group, Iswandi Said melalui pesan WhatsApp nya kepada awak Padanginfo.com, Jum'at (2/10/20).

"Insya Allah kita akan resmikan pengoperasiannya tanggal 6 Oktober 2020. Semua persiapannya sudah siap." ujar Iswandi.

Lebih jauh Iswandi Said yang juga adalah Putra Minangkabau,asli Sungayang Tanah Datar, menjelaskan selama masa pandemi Covid-19 ini ,industri perhotelan mendapat dampak yang sangat besar, tapi pihaknya tetap berupaya untuk terus meningkatkan tingkat hunian kamar.

"Upaya tersebut kami lakukan dengan menjangkau berbagai potensi pasar atau tamu dari daerah atau kawasan lainnya. Namun tahap awal ini Inna Heritage Ombilin memfokuskan peningkatan  target hunian kamar melalui  lokal  market sekitar Sawahlunto, antara lain tamu/pasar dari instansi pemerintah, perusahaan dan wisatawan yang masuk dari Online Travel Agent (OTA), dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik." tuturnya.

Hotel Indonesia Group  merealisasikan kesepakatannya dengan  PT Bukit Asam Tbk sebagai operator Inna Heritage  Ombilin Hotel, yang akan memanfaatkan asset PT Bukit Asam tersebut menjadi hotel bintang tiga di Sawahlunto Sumatera Barat, dan optimalisasi  gedung pusat PT Bukit Asam, wisma dokter dan gedung lainnya.

Sesuai rencana awal, asset tersebut akan dioptimalkan untuk pengembangan/penambahan kamar menjadi 75 kamar, dari jumlah kamar yang beroperasi saat ini sebanyak 17 kamar.

"HIN melalui HIG akan memberikan guidance kepada PT BA untuk melakukan beberapa pengembangan sarana dan fasilitas guna meningkatkan kenyamanan para tamu dan pelanggan kami, fasilitas kolam renang merupakan salah satu fasilitas layanan/penunjang  yang menjadi prioritas untuk kami kembangkan di Inna Heritage Ombilin ke depannya." jelas Iswandi.

Mengenai masih terbatasnya ketersediaan kamar, Iswandi Said menyampaikan, Inna Ombilin Heritage pada dasarnya sangat terbuka untuk melakukan kerjasama dengan semua pihak yang bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi dan opportunities yang ada, termasuk - dalam hal ini - pengembangan homestay.


Sekiranya diperlukan, Inna Heritage Ombilin - yang merupakan bagian dari Hotel Indonesia Natour/HIN - akan dengan senang hati untuk memberikan berbagai program pelatihan, khususnya berkaitan dengan aspek hospitality dan pelayanan.

"Sebagai bagian dari komitmen untuk bersama-sama mengembangkan industri perhotelan dan hospitality, serta industri pariwisata di Sawahlunto pada umumnya; hotel Inna Heritage Ombilin akan memberikan referensi kepada hotel-hotel sekitar termasuk juga homestay yang merupakan binaan dari pemerintah Kota Sawahlunto." pungkas Iswandi.

Sementara itu Walikota Sawahlunto,Deri Asta dan GM.PT.Bukit Asam TBK Sawahlunto, Yulfaizon yang dihubungi secara terpisah, sama-sama mengapresiasi kehadiran Inna Group di Sawahlunto.

"Kita sangat mendukung hadirnya Inna Group di Sawahlunto , karena ini akan mendukung pariwisata Sawahlunto dengan ketersediaan akomodasi yang representatif. Disamping membuka peluang kerja bagi masyarakat , juga akan meningkatkan income daerah, melalui retribusi dan pajak." ujar Deri Asta.

Senada dengan Walikota, Yulfaizon menambahkan. "Kehadiran Hotel Indonesia Natours (HIN) di Sawahlunto, yang dalam hal ini sebagai Operator adalah Inna Group tidak akan mempengaruhi usaha home stay yang ada, bahkan dapat membantu dalam memenuhi standar penginapan bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Sawahlunto,” ujarnya..

Disamping itu home stay dan Inna  Heritage Ombilin  sudah mempunyai pangsa pasar masing-masing. PTBA menggandeng Inna Group sebagai operator/pengelola hotel juga dalam rangka mewujudkan impian kota Sawahlunto untuk memenuhi fasilitas penginapan yang selama ini masih terasa sangat kurang, sehingga kedepan diharapkan kunjungan wisatawan ke Kota Sawahlunto semakin meningkat.

"Kemudian dengan beroperasinya Inna  Heritage Ombilin Hotel ini ,juga akan memberikan dampak positif kepada pengusaha pengusaha disekitar Hotel, baik pedagang makanan , souvenir maupun  angkutan umum atau ojek." sebut Yulfaizon. (tety/wan)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update