Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Wapres Ma’aruf Amin: Jadikan Pasar Rakyat Pariaman Motor Penggerak UMKM

Selasa, 06 April 2021 | April 06, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T10:48:18Z

 




Wapres Ma'aruf Amin melakukan Pengguntingan pita peresmian Pasar Rakyat Pariaman. (Foto:Setwapres)

Padanginfo.com-Pariaman- Wakil Presiden Ma’aruf Amin, Selasa (6/4) pagi meresmikan Pasar Rakyat Pariaman. Wapres berharap, keberadaan pasar dapat menjadi motor penggerak UMKM. 

Wapres berharap Pemko Pariaman  dapat membentuk manajemen pengelolaan pasar dengan baik. Supaya transaksi antara pembeli dan pedagang di Pasar Pariaman berlangsung dengan nyaman dan  nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Pariaman.

"Pasar Rakyat Pariaman ini sudah memiliki rekam jejak sejarah yang panjang. Bahkan sejak zaman Hindia Belanda. Pasar ini mampu bertahan dan masuk ke dalam program revitalisasi," kata mantan Ketua Umum NU dan MUI itu.

Wapres optimistis Pasar Rakyat Pariaman dapat didorong menjadi objek wisata belanja di Kota Pariaman. Supaya wisatawan yang datang ke Pariaman dapat mengakses produk asli masyarakat setempat, seperti kuliner, souvenir dan produk khas lokal lainnya.

Meneruskan pesan Presiden Joko Widodo, Wapres menyampaikan  supaya masyarakat mengutamakan produk-produk dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan.

“Supaya produk lokal Indonesia mampu bersaing dengan maraknya produk asing,” ujarnya sebagaimana dikutip Republika.co.id. 

Sebelumnya Wali Kota Pariman DR.Geniius Umar melaporkan, pasar Pariaman berada di atas lahan seluas 5.431 M2. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1980-an silam. Ketika terjadi  gempa bumi 2009  dan  2016 bangunan pasar rusak berat. merupakan kerja lintas kementerian yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR), Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi dan UMKM dengan total biaya Rp89,74 miliar. Dengan revitalisasi, tersedia 300 kios yang akan ditempati pedagang bermacam kebutuhan. 

Kunjungan Wapres ke Pariaman didampingi oleh Menteri Perdagangan M. Lutfi,  Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Selain meresmikan pasar, Wapres juga meninjau pelaksanaan vaksid Covid-19 bagi lansia dan pelaksanaan penghijauan di Pantai Pariaman.  (in).


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update