--> Ini Cara Menyimpan Daging Agar Tahan Lama | Padang Info |

Ini Cara Menyimpan Daging Agar Tahan Lama

padanginfo - Hari-hari ini, dipastikan warga muslim, yang memiliki banyak daging. Daging kurban yang didapatkan saat Hari Raya Idul Adha dal...


padanginfo - Hari-hari ini, dipastikan warga muslim, yang memiliki banyak daging. Daging kurban yang didapatkan saat Hari Raya Idul Adha dalam jumlah banyak, sehingga tak habis untuk satu hari.

Karenanya banyak orang memilih untuk menyimpannya di kulkas agar bisa bertahan lama. Hanya saja, perlu truk khusus agar tidak salah menyimpan hingga menyebabkan daging tidak bisa dipergunakan.

Ini tips menyimpan daging agar tidak mudah busuk dan tahan lama, seperti dilansir  Kompas.com.

1. Tidak dicuci 

Mencuci daging merupakan sebuah kewajiban sebelum dimasak. Namun, daging sebaiknya tidak dicuci jika belum akan dimasak dan disimpan di kulkas.

Baik daging sapi maupun kambing, mencuci daging justru akan menambah kandungan air di dalamnya meningkat, sehingga lebih mudah mengalami freezer burn.

Maksudnya, daging tersebut telah rusak oleh dehidrasi dan oksidase karena udara mencapai makanan.

Akibatnya, daging akan terlihat mengering. Risiko kontaminasi akan bertambah ketika daging dicuci dengan air mentah.

2. Segera masukan ke kulkas

Ketika memutuskan untuk tidak memasaknya, daging sebaiknya segera disimpan ke dalam kulkas.

Sebab daging mentah tidak baik jika berada di suhu ruangan terlalu lama. Ada potensi terkontaminasi berbagai bakteri, misalnya E-coli yang dapat menyebabkan diare.

Pada temperatur dingin, mikroorganisme pembusuk tidak aktif, sehingga daging yang disimpan tidak mudah rusak.

3. Potong menjadi ukuran kecil

Daging sebaiknya dipotong menjadi ukuran kecil sebelum disimpan ke dalam kulkas.

Hal ini perlu dilakukan agar daging yang berukuran kecil tersebut mudah dicairkan.

Memotong daging juga menjadi lebih kecil akan meminimalkan kontak daging lain yang belum akan diolah dengan tangan yang mungkin saja telah tekontaminasi bakteri bibit penyakit.

4. Kemas dalam plastik

Setelah dipotong menjadi bagian kecil, daging sebaiknya dibungkus dengan plastik agar permukaan tidak kering, khsususnya daging yang memiliki kadar lemak tinggi.

Kemasan itu juga dapat menghindarkan daging dari bakteri yang berasal dari bahan makanan lain selama disimpin di kulkas.

5. Simpan di freezer

Agar lebih tahan lama, daging perlu disimpan di dalam freezer dengan suhu kurang dari –12 derejat Cesius.

Cara ini akan menghasilkan lebih sedikit perubahan yang tidak diinginkan dari sifat daging, baik kualitas maupun rasanya.

Batas waktu penyimpanan

Daging mentah yang disimpan di freezer dapat bertahan 4-12 bulan, tergantung kondisi daging tersebut, melansir pemberitaan Kompas.com.

Setelah dikeluarkan dari lemari pendingin, jangan lupa cek kembali kondisi daging mentah tersebut.

Jika daging berubah warna kecoklatan dan terlihat tidak segar lagi, buang dan jangan lanjutkan diolah.

Sementara itu, daging merah matang bisa awet disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari sedangkan jika ditaruh dalam freezer bisa bertahan hingga 2-6 bulan.(*/afr)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,11,agam,63,Artikel,8,bank,4,Beasiswa,12,bencana,9,birokrasi,164,bisnis,189,budaya,52,bukittinggi,85,daerah,249,dharmasraya,149,duniamaya,54,figur,8,galeri,1,head,10,headline,2357,hiburan,4,hotel,1,Hotel di Padang,3,hukrim,187,infokerja,43,infrastruktur,4,inspiratif,2,Jakarta,74,K,1,kabupaten solok,36,keamanan,1,Kebun hidroponik yang dikelola Politeknik Pertanian Negeri Tanjuangpati (Foto: Dok. Poltektan),1,kesehatan,260,ko,1,kota,257,kuliner,5,limapulu kota,9,limapuluhkota,4,lingkungan,40,mentawai,30,nasional,104,olahraga,47,opini,33,organisasi,10,ormas,5,padang,645,padang panjang,3,padang pariaman,60,padang. kota,1,padangpanjang,26,pariaman,68,pasaman,23,pasaman barat,18,payakumbuh,33,peduli,55,pendidikan,239,perdagangan,4,peristiwa,15,pertanian,7,pesisir selatan,93,pikada,3,Pilkada,363,politik,162,prestasi,7,sawahlunto,244,sijunjung,55,solok,26,solok selatan,6,solok selatan,13,sosial,1,tanah datar,35,terbaru,8,transportasi,65,traveling,6,ukm,6,video,3,wisata,26,
ltr
item
Padang Info : Ini Cara Menyimpan Daging Agar Tahan Lama
Ini Cara Menyimpan Daging Agar Tahan Lama
https://1.bp.blogspot.com/-Mk-v49jw16c/YParkbDEpTI/AAAAAAAAIo0/llnIDDfOTXYmDOV_DP5Wbiu2T3IRWKmQgCLcBGAsYHQ/s320/daging.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Mk-v49jw16c/YParkbDEpTI/AAAAAAAAIo0/llnIDDfOTXYmDOV_DP5Wbiu2T3IRWKmQgCLcBGAsYHQ/s72-c/daging.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2021/07/ini-cara-menyimpan-daging-agar-tahan.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2021/07/ini-cara-menyimpan-daging-agar-tahan.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy