Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pasaman Barat: Banjir Surut Warga Masih Waspada

Senin, 20 Desember 2021 | Desember 20, 2021 WIB Last Updated 2021-12-20T01:23:46Z

 

Warga yang mengungsi akibat banjir di Kecamatan Ranah Batahan, Pasaman Barat. (Foto:BPBD Pasbar)

Padanginfo.com-PASAMAN BARAT-
Banjir yang melanda Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat sejak Jumat (17/12/2021), hari Minggu kemarin telah surut. Namun warga masih waspada dengan intensitas curah hujan yang tinggi.


Sebagaimana diberitakan, banjir yang terjadi di Kecamatan Ranah Batahan disebabkan meluapnya Sungai Batang Batahan dan Sungai Taming dan  merendam sedikjitnya 255 rumah penduduk dan 8 rumah  rusak dan amblas ke sungai.


Warga yang terdampak banjir melakukan pengungsian dengan dibantu aparat TNI,  Polri, BPBD dan warga lainnya. Mereka diungsikan dengan perahu karet.

 

Kawasan terparah melanda tiga jorong: Jorong Air Napal, Jorong Taming Batahan dan Jorong Kampung Baru. Selain itu, ratusan hektar sawah dan tanaman lainnya juga rusak akibat terjangan banjir. Ketinggian air mencapai 1 hingga 1,5 meter.

Selain itu genangan air yang terjadi juga menyebabkan akses lalu-lintas di wilayah Kampung Baru terhalang dan terhambat. Meluapnya Sungai Batang Batahan menyebabkan Jorong Kampung Baru terdampak dan mengakibatkan akses ke Jorong Aek Napal dan Jorong Taming Batahan terhalang. Di Jorong Aek Napal tiga unit rumah hanyut dan beberapa rumah warga digenangi air.
 

Sementara Sungai Batang Taming yang bermuara ke Sungai Batang Batahan mengakibatkan rumah warga digenangi air.
 

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi yang telah meninjau lokasi banjir mengatakan pihaknya akan segera memberi bantuan  sembako kepada warga terdampak.


 "Warga diharapkan tetap waspada terhadap bencana karena cuaca ekstrem," kata bupati. (in).

×
Berita Terbaru Update